KPK Periksa Bupati Wakatobi Hugua terkait 14 Proyek Fiktif PT Waskita Karya - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Periksa Bupati Wakatobi Hugua terkait 14 Proyek Fiktif PT Waskita Karya

 

GTOPNEWS.COM – Bupati Wakatobi Hugua dipanggil penyidik KPK untuk diperiksa dalam kasus pengerjaan 14 proyek fiktif yang dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) tahun 2009-2015.

Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan Bupati Hugua dipanggil sebagai saksi dari tersangka YAS (Yuly Ariandi Siregar, eks Kepala Bagian Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya)," kata Ali Fikri di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (27/10/2020).

Tidak dijelaskan mengapa Bupati Hugua ikut diperiksa dalam kasus itu. Selain Hugua, penyidik juga akan memeriksa mantan Direktur Utama PT Translingkar Kita Jaya Bambang Hartanto sebagai saksi untuk tersangka Yuly.

Penyidik juga memanggil Direktur Utama PT Translingkar Kita Jaya Hilman Muhsin dan mantan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana Hartanto sebagai saksi untuk tersangka Fathor Rachman, eks Kepala Divisi II PT Waskita Karya.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan lima orang terangka yaitu eks Kepala Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya yang juga eks Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani, eks Kepala Bagian Pengendalian pada Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya yang kini menjabat Dirut PT Waskita Beton Precast Jarot Subana. Berikutnya eks Kepala Proyek dan Kepala Bagian Pengendalian pada Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya Fakih Usman, eks Kepala Divisi II PT Waskita Karya Fathor Rachman, dan eks Kepala Bagian Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya Yuly Ariandi Siregar.

Kelima tersangka diduga melakukan tindak pidana korupsi dengan modus pengerjaan 14 proyek fiktif yang terjadi di Divisi II PT Waskita Karya antara tahun 2009-2015.  

Berdasarkan laporan Badan Pemeriksaan Keuangan, total kerugian yang timbul akibat pekerjaan proyek-proyek fiktif itu mencapai Rp 202 miliar. (syam/TN)

KPK Periksa Bupati Wakatobi Hugua terkait 14 Proyek Fiktif PT Waskita Karya KPK Periksa Bupati Wakatobi Hugua terkait 14 Proyek Fiktif PT Waskita Karya Reviewed by samsul huda on October 27, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD