Kedungombo Gelontor 62.000 Hektare Sawah untuk Tanam Padi Okmar - GROBOGAN TOP NEWS

Kedungombo Gelontor 62.000 Hektare Sawah untuk Tanam Padi Okmar

 

GROBOGAN (TopNews.Com) – Waduk Kedungombo di Desa Rambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, telah dibuka sejak 15 Oktober 2020.

Waduk terbesar di Indonesia itu,  dibuka untuk kepentingan tanam padi musim tanam (MT) 1 Oktober-Maret (Okmar) 2020-2021.

‘’Waduk itu mulai digelontorkan untuk membasahi 62.000 hektar sawah di  Grobogan, Pati, Kudus dan Demak,’’ kata Sekretaris Dinas PUPR Grobogan Wahyu di Purwodadi, Kamis (22/10/2020).

Sebelum digelontorkan ke sawah, air waduk itu akan ditampung lebih dulu di  Bendung Sidorejo, Bendung Sedadi, Bendung Klambu Kanan dan Kiri, Bendung Wilanglung dan lainnya.

‘’Sejak dibuka 15 Oktober 2020, air Kedungombo sampai saat ini masih mengisi bendung-bendung di bagian hilir waduk,’’ ujar Wahyu.

Untuk bendung di bagian hulu seperti Sidorejo, Sedadi, dan Klambu mulai menggelontorkan airnya ke sawah – sawah untuk kepentingan pembasahan.

Ia mengatakan, air Waduk Kedungombo itu digelonotorkan 75 liter/detik untuk membasahi (pembasahan) sawah-sawah petani di beberapa daerah itu.  Pembasahan tersebut dilakukan untuk menyambut tanam padi serentak di daerah irigasi (DI) jaringan Waduk Kedungombo musim tanam (MT) I Oktober - Maret (Okmar) 2020-2021.  

Dengan itu diharapkan 1 Januari 2021 petani di wilayah DI Kedungombo dapat panen serempak. Diprediksi harga panen di awal tahun 2021 akan lebih baik dibanding MT II. Karena barangnya umumnya bagus lantaran kebutuhan airnya terpenuhi. Bahkan harga gabah kering panen (GKP) biasa laku lebih tinggi dibanding hasil panen MT II. 

Sementara itu, ribuan hektare sawah di Grobogan dan sekitarnya kini terbasahi dari hujan dan Waduk Kedungombo setelah sebelumnya mengering akibat kemarau.

Kekeringan ini tidak hanya terjadi di lahan-lahan sawah tadah hujan, tetapi terjadi juga di lahan-lahan sawah berpengairan teknis. Sebab air waduk Kedungombo, sudah beberapa bulan ditutup untuk kepentingan perbaikan jaringan irigasi di daerah hilir. (syam/TN)

Kedungombo Gelontor 62.000 Hektare Sawah untuk Tanam Padi Okmar Kedungombo Gelontor 62.000 Hektare Sawah untuk Tanam Padi Okmar Reviewed by samsul huda on October 22, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD