736 Pasangan Calon Kepala Daerah Dibekali KPK Agar Tak Korupsi - GROBOGAN TOP NEWS

736 Pasangan Calon Kepala Daerah Dibekali KPK Agar Tak Korupsi

 

GTOPNEWS.COM - KPK menyelenggarakan program Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berintegritas melalui webinar dengan calon kepala daerah, Selasa (20/10/2020). Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan korupsi pada calon kepala daerah yang akan bertempur dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2020,

Adapun tema webinar adalah "Mewujudkan Pimpinan Daerah Berkualitas melalui Pilkada Serentak yang Jujur Berintegritas".

Webinar itu diikuti 736 pasangan calon (paslon) kepala daerah di 270 daerah peserta pilkada yang meliputi sembilan provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten.

Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding mengatakan ada empat narasumber dalam webinar, yaitu Ketua KPK Firli Bahuri, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Bawaslu RI Abhan, dan Pelaksana Harian Ketua KPU RI Ilham Saputra.

 ‘’Mereka memberikan materi tentang nilai-nilai integritas, potensi korupsi pada pilkada, mewujudkan good governance, dan membangun tata kelola pemerintah daerah yang bersih dan transparan,’’ kata Ipi di Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (20/10/2020).

Setelah pembekalan nasional itu, rencananya KPK akan melanjutkan pembekalan untuk penyelenggara, peserta, dan pemilih pilkada di tingkat regional yang meliputi sembilan provinsi. Pembejalan itu lebih mengarah  pada sosialisasi nilai-nilai integritas pada proses pilkada.

Pembekalan regional pertama dijadwalkan akan berlangsung di Kota Palangka Raya pada 22 Oktober 2020 untuk empat daerah peserta pilkada. Meliputi Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, dan Banten.

KPK berharap pembekalan itu dapat memberikan pemahaman kepada calon kepala daerah dan penyelenggara dalam memahami modus-modus korupsi dalam penyelenggaraan pilkada dan cara menanganinya.

Selain itu, kata Ipi, setelah terpilih diharapkan calon kepala daerah memahami bagaimana mewujudkan pemerintahan yang bersih dari korupsi dan bagi masyarakat pemilih agar dapat menggunakan hak pilihnya secara jujur. (syam/TN)

 

736 Pasangan Calon Kepala Daerah Dibekali KPK Agar Tak Korupsi 736 Pasangan Calon Kepala Daerah Dibekali KPK Agar Tak Korupsi Reviewed by samsul huda on October 20, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD