KPK Dalami Aliran Uang Pengerjaan 14 Proyek Fiktif PT Waskita Karya dari Tujuh Saksi - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Dalami Aliran Uang Pengerjaan 14 Proyek Fiktif PT Waskita Karya dari Tujuh Saksi

 

GTOPNEWS.COM -   Sedikitnya 7 orang saksi selesai diperiksa penyidik KPK dalam kasus 14 proyek fiktif yang dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. 

Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan mereka diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan eks pejabat PT Waskita Karya, Desi Arryani.

Ketujuh saksi itu adalah Direktur PT MER Enginering Ari Prasodo, Max Renov, Rittan Wisesa, Sapto Wiratno, Desy Subiyatiningsih, Megawaty, dan Junaedi. 

"Penyidik menggali pengetahuan para saksi terkait dengan proses internal di PT Waskita Karya (Persero)  dalam memberikan pekerjaan kepada para sub kontraktor dan aliran uang ke berbagai pihak atas diberikannya pekerjaan tersebut," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (18/9/2020).

KPK telah menetapkan eks Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengerjaan 14 proyek fiktif yang dikerjakan PT Waskita Karya tahun 2009 -2015.

KPK juga menjerat dua orang lainnya sebagai tersangka, yakni Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Jarot Subana, dan Wakil Kadiv II Waskita Karya Fakih Usman.

Desi Arryani ditetapkan sebagai tersangka dalam jabatannya sebagai mantan Kepala Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya. Sedangkan Jarot Subana, ditetapkan tersangka dalam jabatannya sebagai Mantan Kepala Bagian Pengendalian pada Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya.

Dan Fakih Usman, ditetapkan sebagai tersangka dalam jabatannya sebagai mantan Kepala Proyek dan Kepala Bagian Pengendalian pada Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya (Persero).

Sebelumnya, KPK menetapkan eks Kepala Divisi (Kadiv) II PT Waskita Karya, Fathor Rachman (FR), dan eks Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya, Yuly Ariandi Siregar (YAS) sebagai tersangka.

Lima tersangka itu dari PT Waskita Karya itu diduga memperkaya diri sendiri, orang lain, ataupun korporasi, terkait pengerjaan proyek fiktif yang dikerjakan BUMN Karya. Sedikitnya ada 14 proyek infrastruktur yang diduga dikorupsi para tersangka tersebut. Proyek ini tersebar di Sumatera Utara, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Timur, dan Papua. (syam/TN)

 

KPK Dalami Aliran Uang Pengerjaan 14 Proyek Fiktif PT Waskita Karya dari Tujuh Saksi KPK Dalami Aliran Uang Pengerjaan 14 Proyek Fiktif  PT Waskita Karya dari Tujuh Saksi Reviewed by samsul huda on September 18, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD