Firli Bakal Jadikan KPK Lembaga Terkuat dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia - GROBOGAN TOP NEWS

Firli Bakal Jadikan KPK Lembaga Terkuat dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia

 

GTOPNEWS.COM - KPK bakal dijadikan satu-satunya lembaga pemberantasan korupsi terkuat di Indonesia.

Demikian dikatakan Ketua KPK Firli Bahuri di Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Ia mengatakan KPK harus terkuat, dan tak tertandingi kekuatannya oleh lembaga penegak hukum lainnya dalam pemberantasan korupsi di tanah air.  

Hal itu, kata Firli, sesuai pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk KPK.

"Presiden pernah menyampaikan di suatu kesempatan, KPK harus berperan sentral dalam pemberantasan korupsi, karena itu KPK harus didukung dengan kewenangan dan kekuatan yang memadai dan kita harus lebih kuat dibanding dengan lembaga-lembaga lain dalam pemberantasan korupsi," kata Firli.

Ia menyatakan, ada 5 program unggulan KPK yang telah disosialisasikan ke publik untuk membuat lembaganya menjadi lebih kuat.

Pertama, membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Kedua, membangun infrastruktur. Ketiga, penyederhanaan regulasi. Keempat penyederhanaan birokrasi. Dan kelima transformasi ekonomi.

Selain 5 program unggulan, Firli mengaku memiliki lima fokus area dalam pemberantasan korupsi. Hal ini dijadikannya komitmen seluruh insan KPK.

Pertama, memberantas korupsi terkait dengan bisnis. Kedua, berantas korupsi terkait dengan penegakan hukum dan reformasi birokrasi. Ketiga, berantas korupsi terkait politik. Keempat, berantas korupsi terkait pelayanan publik. Dan kelima, berantas korupsi terkait Sumber Daya Alam (SDA).

Untuk menjadikan KPK lebih kuat, pihaknya merumuskan tiga pendekatan.  Pertama, pendekatan pendidikan masyarakat. Kedua, pendekatan pencegahan. Ketiga, penindakan secara tegas dan terukur sesuai dengan ketentuan UU yang berlaku. (syam/TN).

 

Firli Bakal Jadikan KPK Lembaga Terkuat dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia Firli Bakal Jadikan KPK Lembaga Terkuat dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia Reviewed by samsul huda on September 27, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD