Banjir Bandang di Kaliwenang Terjang Pabrik Semen, Tembok Pagar Ambrol - GROBOGAN TOP NEWS

Banjir Bandang di Kaliwenang Terjang Pabrik Semen, Tembok Pagar Ambrol

 




GROBOGAN (GTopNews.Com) – Hujan deras disertai angin kencang terjadi di Grobogan, Jateng, Selasa (22/9/2020) sore kemarin.

Hujan itu menyebabkan banjir bandang di Kaliwenang, Kecamatan Tanggungharjo pukul 15.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun pagar tembok pabrik semen PT Semen Grobogan sepanjang 7 meter di desa itu, ambrol diterjang air bah. Akibatnya banjir menggenangi kawasan pabrik semen seluas 5 hektare tersebut.

Banjir bandang itu berasal dari kawasan pegunungan Kendeng Selatan di Desa Kaliwenang. Beberapa warga mengatakan hutan di kawasan tersebut dalam keadaan gundul, sehingga tak bisa menyerap air hujan.

Banjir bandang itu berwarna kuning pekat karena bercampur lumpur dari bekas galian C di kawasan pegunungan tersebut.

‘’Selain gundul, kawasan pegunungan itu ditambang untuk tanah huruk,’’ kata Yanto (48) warga Kaliwenang, Rabu (23/9/2020) pagi.

Banjir seperti itu katanya tidak menutup kemungkinan bakal terjadi di masa mendatang. Lebih-lebih pabrik semen tersebut berada di bawah pegunungan Kendeng Selatan. Maka penataan lingkungan perlu dipikirkan dari sekarang. Sehingga tidak berdampak buruk terhadap warga maupun pabrik semen itu sendiri.

Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan pada hari itu, hujan deras dan angin kencang menyebabkan pohon tumbang di Jalan Raya Gubug-Semarang, tepatnya di sebelah barat jembatan Tuntang.

Saedikitnya 3 sepeda motor rusak akibat tertimpan pohon itu. Dan jalan Gubug - Semarang macet total. Bencana yang sama terjadi di Desa Ngroto Kecamatan Gubug. Dilaporkan sebuah rumah warga tertimpa pohon roboh.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Tapi rumah warga Ngoto bagian depan hancur.  

Terkait banjir bandang di Kaliwenang, ia mengatakan, banjir bandang itu, memang merobohkan pagar pabrik di pinggir jalan Kaliwenang-Tanggungharjo. Namun airnya tidak sampai merusakkan sarana dan prasarana yang berada di dalam pabrik tersebut.

Kini banjjir sudah surut, menyisakan lumpur tebal di kawasan pabrik semen. (syam/TN)

Banjir Bandang di Kaliwenang Terjang Pabrik Semen, Tembok Pagar Ambrol Banjir Bandang di Kaliwenang Terjang Pabrik Semen, Tembok Pagar Ambrol Reviewed by samsul huda on September 23, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD