Rawan Korupsi, KPK Diminta Awasi Ketat 117 Daerah Dinasti Politik - GROBOGAN TOP NEWS

Rawan Korupsi, KPK Diminta Awasi Ketat 117 Daerah Dinasti Politik


GTOPNEWS.COM - Ada 117 daerah yang berpotensi memiliki kekuatan dinasti politik yang menyebabkan korupsi di daerah itu, tinggi. Hal ini terjadi akibat daerah – daerah tersebut melanggengkan politik kekerabatan.
Demikian dikatakan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) di Jakarta, Rabu (8/7/2020).
Ia meminta KPK meningkatkan pengawasan terhadap dinasti politik itu. Sebab menurutnya, hal tersebut berkaitan dengan undang-undang penyalahgunaan jabatan.
Bamsoet mencontohkan Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK terhadap Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Kutai Timur yang berstatus suami istri. Hal itu membuktikan bahwa dinasti politik berkaitan erat dengan praktik korupsi.
Itu sebabnya kata Bamsoet, KPK perlu untuk meningkatkan pengawasan dan bersikap tegas dalam penerapan regulasi atau peraturan perundang-undangan terkait penyalahgunaan kewenangan jabatan. Mengingat di sanalah rawan terjadi tindak kejahatan korupsi, khususnya di 117 daerah yang berpotensi memiliki kekuatan dinasti politik
Pihaknya mendorong pemerintah meningkatkan kerja sama kepada pihak terkait untuk mencegah korupsi. Termasuk kerja sama pengawasan dari organisasi masyarakat.
"Gandeng LSM, ormas dan lainnya guna meminimilisir terjadinya penyalahgunaan kekuasaan dalam dinasti politik," ujarnya.
Ia juga mendorong pemerintah mengedepankan kemampuan, kompetensi, dan integritas sumber daya manusia untuk calon pemimpin di setiap daerah dalam mengisi jabatan tertentu.
"Bila praktik politik dinasti masih terus terjadi di masa mendatang, maka ancaman demokrasi melalui Pilkada dapat berpotensi dibajak oleh kelompok elit politik," ujarnya. (syam/TN)

Rawan Korupsi, KPK Diminta Awasi Ketat 117 Daerah Dinasti Politik Rawan Korupsi, KPK Diminta Awasi Ketat 117 Daerah Dinasti Politik Reviewed by samsul huda on July 08, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD