Eks Komisioner KPK BW: Tin Zuraida Pintu Masuk Selidiki TPPU Eks Sekretaris MA Nurhadi - GROBOGAN TOP NEWS

Eks Komisioner KPK BW: Tin Zuraida Pintu Masuk Selidiki TPPU Eks Sekretaris MA Nurhadi


GTOPNEWS.COM - Kasus suap dan gratifikasi Rp 46 miliar yang menjerat eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi layak dikembangkan ke dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).
Hal itu diungkapkan mantan Komisioner KPK Bambang Widjojanto (BW) saat diskusi daring 'Akhir Pelarian Nurhadi: Apa yang Harus Dilakukan KPK di Jakarta, Jumat (5/6/2020).
BW menilai kasus Nurhadi merupakan kejahatan korupsi keluarga atau family corruption. Maka  KPK didorong mengusut kasus dugaan pencucian uang melalui itu, istri Nurhadi, Tin Zuraida.
"Kalau ingin didorong kasus ini ke TPPU maka Tin Zuraida menjadi pintu masuk yang lain karena di situ itu merupakan jalan masuknya," kata BW.
Kasus  Nurhadi dinilainya masuk kategori family corruption atau korupsi yang dilakukan oleh satu keluarga. Menurutnya, Tin merupakan sosok penting dalam pusaran kasus Nurhadi. Perempuan ini disebutnya sebagai orang yang mengelola kekayaan Nurhadi.
Ia mengatakan, family corrupt, tidak hanya dilakukan laki-laki tapi juga perempuan dan anak, menantu. Dan hal ini merupakan kejahatan yang sangat sempurna, karena kriminalitas tersebut dilakukan bersama-sama keluarga.
‘’Yang terima ceknya menantu, yang nyimpan duwit istrinya," ujar BW.
Tin Zuraida adalah managing seluruh kekayaan hasil kejahatan dilakukan suaminya. Dalam catatannya tahun 2004-2009, profil keuangan Tin Zuraida ini tidak sesuai dengan profil penghasilannya, ada keluar-masuk uang di 2004-2009 paling tidak Rp 1 miliar per bulan.
Bahkan ada transaksi di tahun 2010-2011 meningkat lagi. Satu yang menarik, sampai ada sopirnya menyerahkan uang tahun 2010-2011 sebanyak Rp 3 miliar ke rekening Tin Zuraida.
BW berharap KPK mengusut kasus-kasus lain yang diduga melibatkan Nurhadi selama dirinya menjabat sebagai Sekretaris MA. Bahkan, BW menyebut selama menjabat sebagai Sekretaris MA, Nurhadi mendapat sebutan dark princess of injustice. Ia yakin Nurhadi terlibat banyak kasus selain yang kini sedang ditangani KPK.
Ia meminta KPK mengusut pihak-pihak yang diduga turut melindungi Nurhadi selama ini. BW mengaku mendapat informasi ada pihak-pihak yang memang melindungi Nurhadi selama ini.
"Lebih dari 100 hari Nurhadi pergi kemana-mana padahal dia adalah ASN (aparatur sipil negara) biasa. Hal ini jadi pertanyaan, karena dia punya kemampuan menyelinap luar biasa atau ada orang yang memimpin penyelinapan itu, ada line lord yang lain melindungi. Bahkan disebut ada dua oknum polisi yang posisinya sangat tinggi harus diselidiki.
Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono (RHE) ditangkap KPK Senin (1/6) malam di sebuah rumah di kawasan Simprug, Jakarta Selatan. Nurhadi dan Rezky ditangkap KPK setelah menjadi buron selama hampir 4 bulan. (syam/TN)

Eks Komisioner KPK BW: Tin Zuraida Pintu Masuk Selidiki TPPU Eks Sekretaris MA Nurhadi Eks Komisioner KPK BW: Tin Zuraida Pintu Masuk Selidiki TPPU Eks Sekretaris  MA Nurhadi Reviewed by samsul huda on June 05, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD