Jokowi Minta Seluruh Daerah Dicek Kesiapannya dalam Mengendalikan Covid-19 - GROBOGAN TOP NEWS

Jokowi Minta Seluruh Daerah Dicek Kesiapannya dalam Mengendalikan Covid-19


GTOPNEWS.COM - Pemerintah tengah mempersiapkan penerapan new normal  atau pelaksanaan protokol tatanan normal baru yang produktif.  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kesiapan semua daerah mengendalikan virus corona (Covid-19) dicek.
"Yang keempat, dalam menuju tataran normal baru ini saya minta tolong dicek tingkat kesiapan daerah dalam mengendalikan virus ini," kata Jokowi ketika memberikan pengarahan dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di kanal YouTube Setpres, Rabu (27/5/2020).
Jokowi mengatakan telah meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menambah jumlah aparat di daerah-daerah yang masih tinggi penularannya. Salah satu daerah yang menurut Jokowi harus ditambah aparatnya adalah Jawa Timur.
"Untuk daerah-daerah yang masih tinggi, yang masih naik, saya kemarin sudah minta, perintahkan kepada Gugus Tugas, pada Panglima TNI dan Kapolri, untuk di Jawa Timur, misalnya, untuk kita tambah bantuan pasukan, aparat di sana agar bisa menekan kurvanya agar tidak naik lagi," ujar Jokowi.
Presiden juga menginstruksikan pengujian sampel secara masih dan isolasi yang ketat di daerah. Jokowi menuturkan kegiatan-kegiatan itu, harus dilakukan di daerah yang angka penularan coronanya masih naik.
"Dan memasifkan pengujian sampel, pelacakan yang agresif terhadap yang PDP maupun ODP, dan melakukan isolasi yang ketat. Ini kita lakukan pada provinsi-provinsi yang masih, kurvanya masih naik," kata Jokowi.
Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta protokol tatanan normal baru tersebut disosialisasikan secara masif. Dia ingin masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang wajib diterapkan dalam normal baru tersebut.
"Saya minta protokol beradaptasi dengan tatanan normal baru ini yang sudah disiapkan oleh Kementerian Kesehatan ini disosialisasikan secara masif kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu apa yang harus dikerjakan, baik mengenai jaga jarak, mengenai pakai masker, mengenai cuci tangan, mengenai dilarang berkerumun dengan jumlah banyak," jelasnya. (syam/TN)

Jokowi Minta Seluruh Daerah Dicek Kesiapannya dalam Mengendalikan Covid-19 Jokowi Minta Seluruh Daerah Dicek Kesiapannya dalam Mengendalikan Covid-19 Reviewed by samsul huda on May 27, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD