Disorot Jokowi, 433 Desa di Papua Belum Teraliri Listrik - GROBOGAN TOP NEWS

Disorot Jokowi, 433 Desa di Papua Belum Teraliri Listrik


GTOPNEWS.COM -  Presiden Joko Widodo menyoroti masih adanya 433 desa di Tanah Air yang belum teraliri listrik. Ia meminta jajarannya merumuskan langkah nyata agar listrik bisa diakses oleh seluruh masyarakat di Indonesia.
"Meskipun jumlahnya sedikit, dibandingkan jumlah desa 75.000 se-Indonesia, tapi hal itu harus kita selesaikan," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas terkait rasio elektrifikasi pedesaan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (3/4/2020).  
Jokowi merinci 433 desa yang belum berlistrik itu tersebar di empat provinsi. Di provinsi Papua terdapat 325 desa, Provinsi Papua Barat 102 desa, Provinsi Nusa Tenggara Timur 5 desa, dan provinsi Maluku 1 desa. Pihaknya menekankan beberapa hal kepada jajaran terkait. Pertama, untuk 433 desa yang belum berlistrik diminta diidentifikasi secara jelas desa mana yang berdekatan dengan desa yang berlistrik. Desa mana yang jaraknya rumah antar penduduk berjauhan dan berdekatan. Dengan cara itu, maka pemerintah dapat menentukan strategi pendekatan serta teknologi yang tepat.  Kedua, jajarannya diminta mempersiapkan anggaran, regulasi dan kebijakan investasi yang diperlukan untuk mendukung program desa listirk ini.
Ketiga diminta agar tidak cukup desa berlistrik tetapi juga peningkatan akses warga terutama warga miskin dalam mendapatkan listrik. Terakhir Jokowi minta program listrik untuk desa ini betul-betul memberikan nilai tambah bagi peningkatan produktivitas ekonomi di desa. Sehingga, program ini perlu disinambungkan dengan program pemanfaatan listrik secara efisien dan produktif, terutama dalam pengembangan industri rumah tangga dan industri rumahan.
"Dengan adanya listrik kita harapkan anak-anak bisa belajar di malam hari dengan penerangan lampu yang cukup sehingga kualitas pendidikan kita juga semakin meningkat," ujar Jokowi. (syam/TN)

Disorot Jokowi, 433 Desa di Papua Belum Teraliri Listrik Disorot Jokowi, 433 Desa di Papua Belum Teraliri Listrik Reviewed by samsul huda on April 03, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD