Daerah Minta PSBB, Presiden Jokowi: Harus Dipertimbangkan Matang dan Menyeluruh - GROBOGAN TOP NEWS

Daerah Minta PSBB, Presiden Jokowi: Harus Dipertimbangkan Matang dan Menyeluruh


GTOPNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diusulkan kepala daerah untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19) harus dipertimbangkan secara hati-hati dan tidak boleh tergesa-gesa.
"Saya kira kita semuanya dalam kondisi seperti ini, jangan sampai mengambil keputusan itu salah. Semuanya harus hati-hati dan tidak grusa-grusu (tergesa-gesa-red)," kata Jokowi melalui video konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (9/4/2020).
Pernyataan Jokowi menyusul adanya anggapan pengambilan keputusan PSBB terkesan berbelit-belit dan terlalu birokratis. Jokowi mengatakan, penerapan PSBB tidak seragam dilaksanakan secara serentak di Indonesia.
Dia mengatakan, pelaksanaan PSBB, harus melihat kondisi di daerah yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam hal pandemi Corona.
"Bahwa pelaksanaan PSBB ini tidak diberlakukan secara seragam di seluruh Indonesia. Melainkan kita ingin melihat kondisi masing-masing daerah dan PSBB ini ditetapkan oleh Menkes," ujar Jokowi.
Presiden RI itu menjelaskan dalam memutuskan penerapan PSBB, tidak berkaitan dengan peliburan sekolah, penutupan kantor, pembatasan kegiatan keagamaan dan pembatasan kegiatan umum.
Kepala Negara mengatakan, penerapan PSBB di daerah harus mempertimbangkan sejumlah hal baik dari jumlah kasus kematian serta pertimbangan hal-hal lainnya.
"Ini harus melihat yaitu jumlah kasus yang ada, jumlah kematian di setiap kabupaten/kota maupun provinsi. Tentu saja didasarkan pada pertimbangan epidemiologis, besarnya ancaman, dukungan sumber daya, pertimbangan ekonomi, sosial, budaya dan keamanan, ini penting," kata Jokowi.
Ditegaskan pemerintah tidak ingin memutuskan secara tergesa-gesa terkait PSBB.
Menurutnya keputusan penerapan PSBB diperhitungkan dengan jernih dan kalkulasi dengan rinci dan mendalam.
"Kami tidak ingin memutuskan ini secara grusa grusu, cepat tetapi tidak tepat. Saya kira lebih baik kita memutuskan ini dengan perhitungan, dengan kejernihan dan kalkulasi yang detil dan mendalam," jelasnya. (syam/TN)

Daerah Minta PSBB, Presiden Jokowi: Harus Dipertimbangkan Matang dan Menyeluruh Daerah Minta PSBB, Presiden Jokowi:  Harus Dipertimbangkan Matang dan Menyeluruh Reviewed by samsul huda on April 09, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD