Rutan Purwodadi Rusuh Aula Nyaris Terbakar - GROBOGAN TOP NEWS

Rutan Purwodadi Rusuh Aula Nyaris Terbakar


GROBOGAN (GTopNews.Com) – Kerusuhan terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB  Purwodadi, Grobogan, Jateng, Selasa (24/3/2020) pukul 16.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kerusuhan itu. Tetapi tiga orang napi mengalami luka-luka lebam akibat dipukuli napi pindahan dari Cipinang dan Solo.
Selain itu pintu kaca aula pecah dan bangunan aula nyaris terbakar. Bahkan sudut belakang aula didapati sudah sedikit terbakar. Api dapat dipadamkan sebelum membakar habis aula tersebut.
Kerusuhan terjadi akibat  ulah dari 50 napi pindahan dari LP Cipinang dan 8 napi pindahan dari Lapas Solo. Entah apa persoalannya mereka teriak-teriak tidak menerimakan ditempatkan di blok terpisah dengan napi lain.
Diperoleh keterangan, mereka menduga ditempatkan di blok terpisah akibat ulah napi yang menjadi mata-mata petugas rutan. Napi yang dimaksud adalah Mbah Mamok, Ali Bruno dan Yanto.
Sebelum rusuh terjadi, sekitar pukul 07.00 WIB napi Mbah Momok  dipukuli napi asal Cipinang dan Solo. Mereka juga memukuli Ali Bruno dan Yanto di lapangan tenis, depan kamar sel. Petugas rutan berhasil melerai dan meredam aksi kekerasan itu.
Sekitar pukul 13.00 WIB, penghuni rutan masuk sel tahanan dan pukul 15.00 WB keluar dari sel untuk persiapan salat asar berjamaah. Satu jam kemudian mereka teriak-teriak tidak menerimakan penempatannya di blok  khusus.
Mereka menganggap petugas rutan pilih kasih. Kemudian mereka memecah kaca  aula, membakar tong sampah depan aula hingga apinya menyambar bagian belakang aula itu. Bahkan mereka melempari petugas keamanan rutan yang berusaha meredam dengan batu.
Atas kejadian itu polisi dipimpin Kapolres AKBP Ronny Tri Prasetyo dibantu TNI dipimpin Dandim 0717 Letkol Inf Asman Mokoginta datang ke rutan mengamankan tempat kejadian. (syam/TN)


Rutan Purwodadi Rusuh Aula Nyaris Terbakar Rutan Purwodadi Rusuh Aula Nyaris Terbakar Reviewed by samsul huda on March 25, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD