Persediaan APD Menipis, Jokowi: Butuh 3 Juta Lagi Sampai Akhir Mei - GROBOGAN TOP NEWS

Persediaan APD Menipis, Jokowi: Butuh 3 Juta Lagi Sampai Akhir Mei



GTOPNEWS.COM - Presiden Jokowi menyatakan stok Alat Pelindung Diri (ADP) bagi tenaga medis yang menangani wabah virus corona (Covid-19) semakin menipis. Dari perhitungan pemerintah, masih dibutuhkan sekitar 3 juta APD hingga akhir Mei mendatang.
"Laporan yang saya terima saat ini stok APD makin terbatas. Dan perhitungan menunjukan bahwa kita membutuhkan kurang lebih 3 juta APD hingga akhir Mei," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas terkait Laporan Gugus Tugas Covid-19 melalui siaran langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta, Senin (30/3/2020).
Jokowi meminta pengadaan APD dipercepat untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. Ia menekankan agar APD itu menggunakan produk buatan dalam negeri.
"Untuk APD ini saya minta pengadaannya dipercepat dan saya juga minta menggunakan produk dalam negeri. Karena data yang saya terima ada 28 produsen APD di negara kita," katanya.
Untuk melancarkan proses produksinya, Jokowi meminta agar proses impor bahan baku APD dimudahkan.
"Beri kemudahan bahan baku APD yang masuk dari impor. Saya minta dilakukan percepatan pengembangan, ini yang mungkin negara lain juga, mengenai ventilator. Agar ini bisa diproduksi dalam negeri," ucap Jokowi., Jokowi mengingatkan jajarannya memastikan ketersediaan rapid test dan Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mengetes apakah seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak.
Ia menegaskan bahwa pelaksanaan rapid test diprioritaskan bagi petugas medis dan keluarganya, serta warga yang termasuk Orang Dalam Pemantauan (ODP).
"Perhatikan juga tadi gubernur, banyak yang menyampaikan mengenai perangkat uji lab. Seperti reagen, PCR, VPM, semuanya meminta itu. Sehingga pengadaan untuk ini tolong diperhatikan," pesan Jokowi. (syam/TN)

Persediaan APD Menipis, Jokowi: Butuh 3 Juta Lagi Sampai Akhir Mei Persediaan APD Menipis, Jokowi: Butuh 3 Juta Lagi Sampai Akhir Mei Reviewed by samsul huda on March 30, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD