KPK Periksa Dua Orang Eks Pengurus Klub Deltas Terkait Suap Bupati Sidoarjo - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Periksa Dua Orang Eks Pengurus Klub Deltas Terkait Suap Bupati Sidoarjo


GTOPNEWS.COM – Mafirion dan Yudha Pratama,  eks pengurus klub Deltras Sidoarjo dipanggil penyidik KPK untuk diperiksa terkait kasus dugaan suap Bupati Sidoarjo nonaktif Saiful Ilah.
Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan,  kedua mantan pemngurus klup bola itu, dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Sunarti Setyaningsih (SST) selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo.
"Kini saksi itu diperiksa untuk tersangka SST," kata Ali Fikri di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (2/3/2020).
Saksi Mafirion merupakan bekas ketua umum Deltras. Ia sempat duduk sebagai anggota DPR RI. Sedangkan Yudha merupakan eks manajer klub Deltras Sidoarjo.
Klub itu diduga mendapatkan aliran uang dari Bupati Sidoarjo Saiful.  Aliran uang kepada klub Deltras ini diketahui ketika KPK memeriksa Achmad Amir Aslichin, anak Saiful Ilah.  Lewat Achmad Amir itu, KPK menelusuri dugaan aliran uang kasus tersebut ke klub sepak bola Deltras Sidoarjo.
Saksi itu didalami keterangannya mengenai kegiatannya selama aktif menjadi pengurus perkumpulan sepak bola Deltras Sidoarjo. Termasuk sumber dana yang diperoleh Deltras dan lain-lain.
‘’Utamanya terkait dengan penerimaan dana dari Bupati Sidoarjo," ujar Ali.
Bupati Saiful Ilah juga membenarkan ada bantuan uang ke klub Deltras Sidoarjo. Uang itu berasal dari seorang kontraktor bernama Ibnu Ghopur.
"Jadi saya saksi. Ini karena gara-gara Pak Ghopur (Ibnu Ghopur) ini bantu Rp 300 juta untuk Deltras. Bantu Deltras gitu aja, terus aku yang kena," kata Saiful Ilah.
Bupati Saiful telah  ditetapkan KPK sebagai tersangka terkait penerimaan suap dalam proyek infrastruktur. KPK juga menetapkan tersangka lainnya sebagai penerima yaitu Kadis PU Bina Marga dan SDA Sidoarjo Sunarti Setyaningsih, PPK di Dinas PU Bina Marga dan SDA Sidoarjo Judi Tetrahastoto, dan Kabag ULP Sanadjihitu Sangadji. Sedangkan tersangka pemberi yang dijerat yaitu Ibnu Ghopur dan Totok Sumedi. (syam/TN)

KPK Periksa Dua Orang Eks Pengurus Klub Deltas Terkait Suap Bupati Sidoarjo KPK Periksa  Dua Orang Eks Pengurus Klub Deltas Terkait Suap Bupati Sidoarjo Reviewed by samsul huda on March 02, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD