Amplop Kosong di Meja Kepala Daerah, Ketua KPK Firli: Pintu Masuk Praktek Korupsi - GROBOGAN TOP NEWS

Amplop Kosong di Meja Kepala Daerah, Ketua KPK Firli: Pintu Masuk Praktek Korupsi


GTOPNEWS.COM -  Ketua KPK Firli Bahuri menyoroti amplop kosong di ruang kerja kepala daerah. Sebab hal itu merupakan pintu masuk praktik korupsi.
"Jangan ada amplop kosong di kantor. Kalau ada tamu datang, malah ingin mengisi dan memberikannya," kata Firli di sela kunjungan kerja di Surabaya seperti dikutip Antara, Rabu (4/3/2020).
Siapapun tamu lanjut Firli, yang menemui kepala daerah harus menghilangkan harapan untuk mendapatkan uang setelah meninggalkan ruangan. Firli juga mengimbau kepala daerah cermat apabila menerima pengajuan proposal pembangunan dari siapapun.
Ia menatakan, rencana pembangunan harus dibahas secara terbuka di tingkat musyawarah perencanaan pembangunan.
"Kalau kepala daerah terima proposal, dan bisa memenuhi, biasanya langsung menghubungi sekdanya, lalu kepala dinas dan rekanan. Nah di situlah cikal bakal terjadi korupsi," ujar Firli.
Mengutip Presiden Ir. Soekarno, ia mengatakan, bahwa praktik korupsi adalah budaya yang diwariskan oleh kolonial.
"Saat ini penjajah sudah pergi, tapi budaya menerima upeti masih tinggal di Indonesia. Seharusnya budaya tersebut tidak perlu diwariskan dan jangan mewarisi budaya menerima hadiah," ucapnya
Keberhasilan pemberantasan korupsi menurutnya, bukan dari berapa koruptor yang ditangkap. Namun keberhasilan pemberantasan korupsi ditandai tiga hal. Pertama, munculnya budaya antikorupsi. Kedua, muncul kesadaran antikorupsi di seluruh birokrasi. Terakhir, terbentuknya sistem yang menutup celah korupsi.
"Bapak ibu kepala daerah telah dipilih dan diberikan mandat rakyat untuk memimpin. Mari mulai sekarang bangun budaya antikorupsi dan jangan titipkan budaya korupsi pada generasi muda," kata Firli. (syam/TN)

Amplop Kosong di Meja Kepala Daerah, Ketua KPK Firli: Pintu Masuk Praktek Korupsi Amplop Kosong di Meja Kepala Daerah, Ketua KPK Firli: Pintu Masuk Praktek Korupsi Reviewed by samsul huda on March 04, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD