31 Napi Pemicu Kerusuhan di Rutan Purwodadi Dipindah ke Nusakambangan dan Rutan Demak - GROBOGAN TOP NEWS

31 Napi Pemicu Kerusuhan di Rutan Purwodadi Dipindah ke Nusakambangan dan Rutan Demak


GROBOGAN (GTopNews.Com) – Sediktnya 31 napi di Rumah Tahanan (Rutan) Purwodadi, Grobogan, Jateng, Rabu (25/3/2020) pukul 00.30 WIB dini hari dipindah ke Lapas Nusakambangan Cilacap dan Rutan Demak.  Mereka diduga sebagai pemicu kerusuhan di Rutan Purwodadi Klas IIB yang terjadi Selasa (24/3/2020) pukul 16.00 WIB.
Seperti diberitakan sebelumnya, mereka berbuat rusuh di Rutan Purwodadi dengan membakar ban tempat sampah di belakang aula rutan. Akibatnya bangunan aula di bagian rutan itu, terbakar. Namun api cepat dikendalikan petugas keamanan rutan.
Mereka juga merusak kaca aula dan melempari petugas keamanan rutan yang berusaha meredam kerusuhan.  Kerusuhan itu dipicu adanya kecurigaan, bahwa 3 orang napi (Mbah Momok, Ali Bruno dan Yanto) asli Purwodadi memata-matai mereka. Sehingga ditempatkan di blok khusus. Bahkan tiga napi tersebut, dianiaya mereka hingga wajahnya lebam.
Mereka merupakan tahanan pindahan dari LP Cipinang dan Surakarta. Para napi itu belum lama menghuni di Rutan Purwodadi. Diperoleh keterangan, dalam pemindahan itu, pihak rutan menyiapkan dua mobil tahanan untuk mengangkut mereka ke Lapas Nusakambangan Cilacap dan Rutan Demak.
Sebanyak 10 napi dipindahkan ke Rutan Demak, dan selebihnya 21 lainnya diboyong ke Lapas Nusakambangan, Cilacap. Mereka dikawal Patwal Polres dan Unit Sabhara Polres Grobogan.
Kanwil Kemenkum HAM Jateng Marisidin Siregar membantah, bahwa kerusuhan itu dipicu adanya kelebihan kapastitas rutan. Daya tampung rutan hanya 135 orang. Tetapi dipaksakan diisi 210 orang.
‘’Semua rutan di Jateng overload. Tapi kerusuhan di rutan ini bukan dipicu karena persoalan itu. Masalahnya hanya terjadi salah paham antara napi satu dengan lainnya,’’ kata Marisidin Siregar.  (syam/TN)


31 Napi Pemicu Kerusuhan di Rutan Purwodadi Dipindah ke Nusakambangan dan Rutan Demak 31 Napi Pemicu Kerusuhan di Rutan Purwodadi Dipindah ke Nusakambangan dan Rutan Demak Reviewed by samsul huda on March 25, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD