Tidak Ada Hujan, Sungai Lusi di Grobogan Meluap Banjiri Perkampungan - GROBOGAN TOP NEWS

Tidak Ada Hujan, Sungai Lusi di Grobogan Meluap Banjiri Perkampungan


GROBOGAN (GTopNews.Com) – Sungai Lusi di Purwodadi, Grobogan (Jateng), Jumat (21/2/2020) airnya meluap menggenangi rumah-rumah penduduk dan fasilitas umum di Desa Jono (Kecamatan Tawangharjo), Desa Getasrejo (Kecamatan Grobogan),  Desa Karanganyar, Kedungrejo, Kuripan, Purwodadi (Kecamatan Purwodadi) dan Desa Temon dan Menduran Kecamatan Brati.  
Rmah-rumah penduduk di sejumlah desa itu tergenang antara 10-30 cm. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Tetapi luapan banjir Lusi ini sempat mengagetkan warga. Sebab tidak ada hujan turun di Purwodadi Grobogan dan sekitarnya, tiba-tiba Lusi meluap.
Sekretaris Dinas PUPR Grobogan Wahyu Tri Darmawan mengatakan, banjir Lusi akibat kiriman dari hulu. Karena beberapa jam sebelumnya daerah Blora dan sekitarnya turun hujan cukup deras. Selain itu, Lusi meluap lantaran mendapatkan kiriman dari beberapa anak sungai di sekitarnya, termasuk Sungai Glugu  hingga tak mampu menampung. Sehingga airnya meluap membanjiri perkampungan.
Bahkan di Getasrejo Grobogan, Karanganyar, Kedungrejo dan Nglobar Purwodadi, luapan Lusi itu, menggenangi jalan – jalan desa hingga setinggi lutut orang dewasa. Bahkan di Nglobar dilaporkan jalan desa yang tergenang hingga mencapai ketinggian 50-60 cm.  Begitu pula yang terjadi di Jono Tawangharjo, Temon Brati, Kuripan Purwodadi dan lainnya.
Warga Pedak Menduran bersama Tim BPBD Brati sempat kerja bakti meninggikan tanggul sawah dekat bibir sungai supaya air tak masuk ke perkampungan. Namun elevasi Lusi terus meninggi, air tetap brobos masuk perkampungan.
Sementara itu, banjir akibat luapan Sungai Serang di Desa Cingkrong Kecamatan Purwodadi menyebabkan jalan menuju lokasi pemakaman di desa itu tergenang air setinggi 30 – 50 cm. Pada saat yang sama warga desa ini, meninggal dan harus dimakamkan di lokasi pemakaman umum tersebut.
Pelayat yang menghantarkan ke lokasi pemakaman terpaksa basah-basahan menerjang genangan. Untung lokasi pemakaman agak tinggi sehinga jenazah bisa langsung dimakamkan. (syam/TN)

Tidak Ada Hujan, Sungai Lusi di Grobogan Meluap Banjiri Perkampungan Tidak Ada Hujan, Sungai Lusi di Grobogan Meluap Banjiri Perkampungan Reviewed by samsul huda on February 21, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD