KPK Terbitkan 51 Surat Penyelidikan Baru terkait Tipikor - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Terbitkan 51 Surat Penyelidikan Baru terkait Tipikor


GTOPNEWS.COM -  Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan, bahwa KPK telah menerbitkan 51 surat perintah penyelidikan baru. Penyelidikan ini terkait dengan laporan masyarakat mengenai tindak pidana korupsi di instansi pemerintah, swasta dan lainnya.
"Pimpinan KPK sudah menandatangani 51 penyelidikan baru terkait tipikor," kata Ali di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin ( 24 /2/2020).
Pihaknya keberatan menjelaskan kasus-kasus apa saja yang tengah dilidik KPK itu. Pasalnya kasusnya masih dalam tahap penyelidikan sehingga dinilai tidak bisa dibuka kasusnya dimana, dan terkait apa.
Namun Plt Jubir KPK ini memastikan jika memang ditemukan bukti permulaan yang cukup, maka kasus-kasus tersebut bisa ditingkatkan ke tahap penyidikan.
"Saya tidak bisa merinci lebih lanjut karena perkara ini sedang berjalan, tentunya kita lihat kelanjutan perkaranya apa. Kalau memang ditemukan bukti permulaan cukup dipastikan ditingkatkan ke penyidikan, materinya apa. Nanti setelah penyelidik bekerja," ujarnya.
Sebelumnya Ketua KPK Firli Bahuri menginformasikan mengenai  dibukanya 51 penyelidikan baru terkait tipikor.
"51 surat perintah penyelidikan baru sudah kami terbitkan. Jadi jangan lihat yang hentinya saja, ada 51 yang kami buka untuk melakukan penyelidikan," kata Firli di Gedung MPR/DPR Jakarta.
KPK juga telah menerbitkan 21 surat penyidikan. Ada 18 orang yang ditahan dan ada 26 orang yang ditetapkan sebagai tersangka.
‘’Semuanya kami buka, tidak ada yang ditutupi kecuali yang kami rahasiakan," kata Firli.
Sebelumnya, KPK  menghentikan 36 kasus di tahap penyelidikan untuk akuntabilitas dan kepastian hukum. KPK enggan merinci detil kasus-kasus apa saja yang telah dihentikan tersebut. Namun, KPK menyebut kasus-kasus besar yang menyita perhatian publik tidak termasuk dalam 36 kasus yang dihentikan di tahap penyelidikan ini. (syam/TN)

KPK Terbitkan 51 Surat Penyelidikan Baru terkait Tipikor KPK Terbitkan 51 Surat Penyelidikan Baru terkait Tipikor Reviewed by samsul huda on February 25, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD