Eks Karyawan Adhi Karya Dipanggil KPK terkait Kasus Korupsi Proyek IPDN - GROBOGAN TOP NEWS

Eks Karyawan Adhi Karya Dipanggil KPK terkait Kasus Korupsi Proyek IPDN


GTOPNEWS.COM – Eks pegawai PT Adhi Karya Amrin Hidayat dan Didi Kustiadi dipanggil penyidik KPK untuk diperiksa terkait dugaan korupsi proyek kampus IPDN. Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan, keduanya dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Dudy Jocom.
‘’Hari ini keduanya dipanggil sebagai saksi untuk tersangka DJ (Dudy Jocom)," kata Ali Fikri di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, (18/2/2020).
Dalam kasus ini, seorang PNS Pemkot Cirebon bernama Syahri Dewanto juga dipanggil KPK terkait kasus ini. Dia juga diperiksa sebagai saksi untuk Dudy.
Dudy Jocom adalah eks Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pusat Administrasi Keuangan dan Pengelolaan Aset Sekretariat Jenderal Kemendagri. Diah sebelumnya juga dipanggil KPK Rabu 22 Januari 2020. Namun Diah saat itu tidak memenuhi panggilan KPK
KPK telah menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus ini. Pertama, Dudy Jocom ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi proyek gedung IPDN di Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Utara (Sulut).
Kepala Divisi Gedung PT Waskita Karya, Adi Wibowo, sebagai tersangka dugaan korupsi pembangunan gedung kampus IPDN di Sulsel. Kemudian KPK menetapkan Kepala Divisi Konstruksi VI PT Adhi Karya, Dono Purwoko, sebagai tersangka dugaan korupsi proyek gedung kampus IPDN di Sulut.
KPK menduga ada kesepakatan pembagian pekerjaan antara PT Waskita Karya dan PT Adhi Karya yang dilakukan sebelum lelang. Dudy diduga meminta fee sebesar 7 persen atas pembagian pekerjaan ini.
Dudy meminta pembuatan berita acara serah terima pekerjaan dibuat 100 persen pada 2011 agar dana bisa dicairkan. Padahal pekerjaan itu belum selesai.
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, dari kedua proyek itu, diduga negara mengalami kerugian total sekurangnya Rp 21 miliar yang dihitung dari kekurangan volume pekerjaan pada dua proyek tersebut. Proyek pembangunan kampus IPDN Sulawesi Selatan Rp 11,18 miliar dan Sulawesi Utara Rp 9,3 miliar. (syam/TN)

Eks Karyawan Adhi Karya Dipanggil KPK terkait Kasus Korupsi Proyek IPDN Eks Karyawan Adhi Karya Dipanggil KPK terkait Kasus Korupsi Proyek IPDN Reviewed by samsul huda on February 18, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD