Direktur Asabri Dicopot - GROBOGAN TOP NEWS

Direktur Asabri Dicopot


GTOPNEWS.COM - Kementerian BUMN kembali merombak jajaran direksi PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri).  Beberapa direktur asuransi itu, dicopot diduga akibat keuangan Asabri bermasalah.
Pencopotan itu tertulis dalam Surat Keputusan (SK) Menteri BUMN tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Asabri. Kemudian penyerahan SK Nomor SK-36/MBU/1/2020 dilakukan di Kementerian BUMN, Kamis (30/1/2020).
Menteri BUMN Erick Thohir selaku pemegang saham mayoritas dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) memberhentikan dengan hormat Herman Hidayat dan Rony Hanityo Apriyanto dari jabatan Direktur.
"Melalui SK itu, Menteri BUMN mengubah nomenklatur jabatan anggota-anggota direksi perusahaan perseroan Asabri. Semula hanya tertulis Direktur menjadi Direktur SDM dan Hukum, Direktur Keuangan dan Direktur Investasi," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Kementerian BUMN Ferry Andrianto di kantornya Jakarta, Kamis (30/1/2020).
Kemudian mengangkat Eko Setiawan sebagai Direktur SDM dan Hukum, Helmi Iman Satriyono sebagai Direktur Keuangan dan Jeffry Haryadi P. Manulang sebagai Direktur Investasi.
PT Asabri (Persero) mengaku tengah membutuhkan dana segar sebesar Rp 7,2 triliun untuk menambal keuangan perusahaan. Di mana, risk based capital (RBC) atau rasio kecukupan modal perusahaan tercatat minus 571,17 persen pada 2019.
Direktur Keuangan dan Investasi Rony Hanityo Apriyan mengatakan RBC untuk tahun ini bakal naik menjadi minus 643,49 persen. Sedangkan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) modal minimum yang harus dipenuhi oleh perusahaan asuransi baik umum atau jiwa adalah 120 persen.
"Penyehatannya itu untuk mencapai RBC 120 persen harus diperlukan peningkatan aset Rp 7,2 triliun," kata dia di DPR.
Berdasarkan laporannya, RBC minus dikarenakan liabilitas lebih besar dari aset. Hal itu disebabkan akumulasi cadangan Liabilitas Manfaat Polis Masa Depan (LMPMD) tiap tahun, sementara nilai aset turun karena nilai investasi saham. (syam/TN)

Direktur Asabri Dicopot Direktur Asabri Dicopot Reviewed by samsul huda on February 03, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD