Pegunungan Kendeng Utara Diguyur Hujan Lebat, Brati-Klambu Banjir Bandang - GROBOGAN TOP NEWS

Pegunungan Kendeng Utara Diguyur Hujan Lebat, Brati-Klambu Banjir Bandang


GROBOGAN (GTopNews.Com) – Banjir bandang terjadi di Desa Kronggen dan Sinawah, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan (Jateng), Sabtu (25/1/2020) sore. Banjir itu akibat pegunungan Kendeng Utara diguyur hujan lebat dari pukul 14.00-17.00 WIB.
Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Tetapi rumah-rumah penduduk di desa tersebut tergenang antara 30-60 cm.  Khoirun, warga Dusun Permas, Desa Kronggen mengatakan, banjir yang melanda kampungnya akibat meluapnya Sungai Kronggen. Sungai ini mendapatkan banjir kiriman dari perbukitan Kendeng Utara.
‘’Sore tadi rumah-rumah penduduk di RT 2, RT 4, RT 5 dan RT 6 kemasukan air sedalam 30-60 cm. Terparah di RT 2 dan RT 6,’’ katanya. Banjir bandang ini lanjutnya, tak berlangsung lama, sekitar 1,5 jam. Setelah itu surut, namun air yang masuk ke rumah-rumah penduduk menyisakan genangan dan lumpur, meskipun tidak dalam.
Banjir juga terjadi di Desa Taruman Kecamatan Klambu. Sama seperti di Brati, banjir di daerah itu akibat kiriman dari perbukitan Kendeng Utara.  Selain menggenangi beberapa rumah pendududk, banjir bandang Taruman, mengenangi jalan Grobogan-Kudus, tepatnya di Desa Taruman Kecamatan Klambu.
Akibat diguyur hujan lebat, banjir juga terjadi di Kelurahan Grobogan. Banjir ini menyebabkan tanggul Kali Pucang di kelurahan itu, jebol akibat tak mampu menahan derasnya arus.
Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan, sampai sore tadi dilaporkan tim siaga banjir di desa dan kecamatan terjadi di 3 tempat. Yaitu di Klambu, Brati dan Grobogan. Namun air tidak lama surut. (syam/TN)

Pegunungan Kendeng Utara Diguyur Hujan Lebat, Brati-Klambu Banjir Bandang Pegunungan Kendeng Utara Diguyur Hujan Lebat, Brati-Klambu  Banjir Bandang Reviewed by samsul huda on January 25, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD