Menko Polhukam Akan Panggil Sri Mulyani dan Erick Soal Kabar Asabri Kebobolan Rp 10 Triliun - GROBOGAN TOP NEWS

Menko Polhukam Akan Panggil Sri Mulyani dan Erick Soal Kabar Asabri Kebobolan Rp 10 Triliun


GTOPNEWS.COM –, PT Asuransi ABRI (Asabri) diterpa bau korupsi. Tersiar kabar perusahaan asuransi yang mengumpulkan premi dari prajurit TNI itu, digembosi hingga Rp 10 triliun. 
Menko Polhukam Mahfud MD ketika ditemui awak media mengaku mendengar hal itu. Rencananya dia akan memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk menanyakan keberadaan Asabri.
"Kami akan segera panggil Bu Sri Mulyani dan Pak Erick Thohir untuk menanyakan duduk masalahnya. Kalau memang ada masalah hukum, ya kita giring ke pengadilan,’’ kata Mahfud di Jakarta, Jumat (10/1/2020).
Ia mengatakan, tidak boleh korupsi untuk orang-orang prajurit, untuk tentara yang bekerja mati-matian meninggalkan tempat sesudah masa pensiunnya disengsarakan. 
Kasus pembobolan dana Asabri ini terjadi pada 1995. Saat itu, uang prajurit Rp 410 miliar di Asabri, dibobol. Hingga
akhirnya eks Dirut PT Asabri Mayjen (Purn) Subarda Midjaja dimejahijaukan.
Subarda dihukum 4 tahun penjara dan denda Rp 30 juta subsider 6 bulan kurungan. Subarda dihukum membayar uang pengganti Rp 33 miliar.
"Orang salah nggak ditangkap, orang yang nggak salah malah ditangkap," kata Subarda membela diri saat hendak dieksekusi pada 2009.
Subarda menyatakan uang prajurit disimpan dalam bentuk deposito di BNI. Tidak ada uang yang dibobol sampai Rp 410 miliar.
"Pokoknya duit prajurit itu ada di BNI semua," lata Subarda kepada awak media.
Dalam kasus ini, Subarda tidak sendirian. Ia menitipkan uang yang dibobolnya ke pengusaha Henry Leo. Akhirnya Henry dihukum 6 tahun penjara.
Kini Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mempersoalkan keberadaan PT Asabri (Persero). Meskipun dia tengah fokus menangani PT Asuransi Jiwasraya (Persero).
Erick tengah menunggu hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait Asabri.
"BPK sudah mengeluarkan audit untuk Jiwasraya, kalau yang Asabri belum dapat auditnya. Kita tunggu saja. Jangan nanti mikir-mikir apa gitu," kata Erick. (syam/TN)


Menko Polhukam Akan Panggil Sri Mulyani dan Erick Soal Kabar Asabri Kebobolan Rp 10 Triliun Menko Polhukam Akan Panggil Sri Mulyani dan Erick Soal Kabar Asabri Kebobolan Rp 10 Triliun Reviewed by samsul huda on January 10, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD