Kompensasi Pembangunan Gardu Induk PLN untuk Pabrik Semen Grobogan Menemui Jalan Buntu - GROBOGAN TOP NEWS

Kompensasi Pembangunan Gardu Induk PLN untuk Pabrik Semen Grobogan Menemui Jalan Buntu


GROBOGAN (GTopNews.Com) – Kompensasi pembangunan gardu induk PLN di Desa Kaliwenang, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan (Jateng)  antara warga yang terdampak dari pembangunan gardu induk listrik bertegangan tinggi dengan PLN,  menemui jalan buntu.
Demikian hasil pertemuan antara warga 4 RT Kaliwenang dengan PLN,  dan PT Semen Grobogan di DPRD, Senin (27/1/2020).  Hadir dalam pertemuan itu, kepala Desa Kaliwenang, Camat Tanggungharjo, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan pihak terkait lainnya.
Gardu induk PLN itu dibangun di kawasan PT Semen Grobogan berkapasitas 50 KVA. Namun jaraknya dari tembok pabrik semen dengan rumah warga Desa Kaliwenang sekitar 54 meter.
Dalam pertemuan itu, Ahmad Masykuri atas nama warga terdampak meminta kompensasi Rp 3,5 miliar. Namun PT Kurnia Alam Putra selaku rekanan PLN hanya menyanggupi Rp 20 juta.
Ketua Komisi C DPRD Grobogan Eko Budi Santoso mengatakan, bahwa pihaknya  sudah berupaya memfasilitasi permintaan warga terkait kompensasi itu. Tetapi pembahasannya mengalami deadlock alias tidak ada titik temu karena masing-masing pihak mempertahankan keinginannya sendiri-sendiri.
Pertemuan yang membahas penentuan kompensasi itu, dilakukan tertutup di ruangan Komisi C DPRD. Pertemuan tersebut merupakan pertemuan lanjutan dari pertemuan minggu sebelumnya, Kamis (23/1) di DPRD.
Eko mengatakan, pertemuan soal kompensasi ini dibahas 1 jam lebih,  namun menemui jalan buntu. Dari perwakilan warga menghendaki kompensasi Rp 3,5 miliar. Kemudian turun menjadi Rp 2,5 miliar. Namun dari rekanan PLN awalnya hanya sanggup memberikan  Rp 5 juta, kemudian naik menjadi Rp 20 juta.
‘’Karena tuntutan warga terlalu tinggi maka tidak ada titik temu.  Kami sarankan menempuh jalur hukum saja. Dan kasus ini kami kembalikan pada masyarakat. Kami sudah memberikan fasilitas, tapi pihak-pihak yang berpentingan tidak ada kesepakatan,” kata Eko.
Pembangunan gardu induk PLN kata Eko, sudah prosedural. Hal itu berdasarkan paparan dari pihak desa, kecamatan dan dinas terkait pada saat pertemuan pertama di DPRD. Yaitu menyosialisasikan pembangunan gardu induk itu, ke semua warga Kaliwenang. Namun beberapa warga keberatan. Terutama yang rumahnya berdekatan dengan lokasi pembangunan gardu induk itu.
Laporan pembangunan gardu induk sudah berjalan dan progresnya mencapai 70 persen. Maka DPRD tidak bisa mencegah. Karena semua prosedur sudah dilakukan pihak pelaksana. (syam/TN)

Kompensasi Pembangunan Gardu Induk PLN untuk Pabrik Semen Grobogan Menemui Jalan Buntu Kompensasi Pembangunan Gardu Induk PLN untuk Pabrik Semen Grobogan Menemui Jalan Buntu Reviewed by samsul huda on January 28, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD