Selama Empat Tahun, KPK Selamatkan Uang Negara Rp 63 Triliun - GROBOGAN TOP NEWS

Selama Empat Tahun, KPK Selamatkan Uang Negara Rp 63 Triliun


GTOPNEWS.COM -  KPK selama empat tahun 2016-2019  berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp 63 triliun lebih.
"Dari monitoring dan pencegahan, KPK menyelamatkan potensi kerugian negara dan pendapatan negara totalnya Rp 63,8 triliun," kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (17/12/2019).
Ia mengatakan hal itu dalam konferensi pers Laporan Kinerja KPK 2016-2019 bersama pimpinan KPK lainnya di Gedung KPK. Selama empat tahun, KPK di bawah pimpinan Agus Rahardjo telah menetapkan 608 tersangka korupsi.
Agus mengatakan, pihaknya juga melakukan studi, kajian, sekaligus memberikan rekomendasi perbaikan sektor publik. Di antaranya sektor kesehatan, sumber daya alam, dan pangan.
Di sektor kesehatan, KPK melakukan dua kajian besar yaitu pengadaan alat kesehatan dan jaminan kesehatan nasional.
"Ada belanja barang menggunakan sistem elektronik dalam pengadaan alat kesehatan KPK," ujarnya.
Untuk jaminan kesehatan nasional, KPK mendorong rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta untuk menyampaikan rencana kebutuhan obat. Hal itu dilakukan agar klaim obat pada JKN dapat transparan dan akuntabel.
"Dari dua kajian ini KPK menyelamatkan keuangan negara sebanyak Rp 18,15 triliun," ucap Agus.
Di sektor sumber daya alam, hutan, batu bara, dan perkebunan, KPK bergerak lewat Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam. Hasilnya, potensi penerimaan pajak baru bara meningkat tahun 2019 hingga Rp 400 miliar. Dalam sektor ini KPK berhasil menyelamatkan uang negara Rp 16,17 triliun. (syam/TN)

Selama Empat Tahun, KPK Selamatkan Uang Negara Rp 63 Triliun Selama Empat Tahun, KPK Selamatkan Uang Negara Rp 63 Triliun Reviewed by samsul huda on December 18, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD