KPK Cek Pelayanan Impor Barang Khusus di Bandara Soetta - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Cek Pelayanan Impor Barang Khusus di Bandara Soetta


GTOPNEWS.COM - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang akan terjun langsung ke Bandara Soekarno-Hatta  (Soetta) esok hari. Ia bersama Dirjen Bea Cukai akan mengecek pelayanan di bandara mulai dari Customs Declaration atau Pemberitahuan Impor Barang Khusus hingga Balai Besar Karantina.
"Ini sebenarnya rencana lama di luar dari yang Garuda kemarin itu, tapi menurut saya, ada niat baik, ada perubahan mainstream di bandara, ada perubahan pemikiran di bandara," kata Saut di Gedung Anti-Corruption Learning Center (ACLC), Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).
Saut mengaku turun ke bandara tidak terkait adanya skandal penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton yang menyeret mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara. Namun dia menyebut urusannya ke bandara kali ini ingin melihat secara menyeluruh tentang pelayanan Garuda Indonesia.

Saut bercerita ketika berkoordinasi dengan Menteri Keuangan (Menkeu) 
Sri Mulyani di KPK beberapa waktu lalu. Sri Mulyani memang sempat ke KPK pada 9 Desember 2019 dalam rangka peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) sebagai pembicara diskusi.

"Saya kemarin ngobrol dengan Bu Sri Mulyani, memang di bandara dan pelabuhan perlu pengawasan ketat. Karena tingkat kerawanannya banyak," ujarnya. Tidak dijelaskan apa yang dimaksud dengan tingkat kerawanan di bandara dan pelabuhan. Namun diduga terkait dengan penyelundupan dan penyimpangan barang muatan dari luar negeri ke dalam negeri dan lainnya.

Yang pasti kata Saut, tujuan kunjungannya ke bandara hingga pelabuhan itu nantinya terkait peningkatan pendapatan negara. Selama ini 
KPK memiliki tim koordinasi, supervisi, dan pencegahan (korsupgah) yang berupaya menyelamatkan aset negara serta meningkatkan pendapatan negara dari berbagai sektor.

"Kita sudah sepakat, strategi nasional pendapatan negara harus kita naikin. Nah KPK menjaga itu dan di stranas (strategi nasional) sudah ada prioritas KPK juga di pendapatan. Nah bagaimana ini kita bisa menjaganya secara detail dimulai dengan contoh kita korsupgah dan seterusnya," tuturnya. (syam/TN)

KPK Cek Pelayanan Impor Barang Khusus di Bandara Soetta  KPK Cek Pelayanan Impor Barang Khusus di Bandara Soetta Reviewed by samsul huda on December 11, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD