Kartu Tani Tak Mampu Cegah Kelangkaan Pupuk Bersubsidi di Grobogan - GROBOGAN TOP NEWS

Kartu Tani Tak Mampu Cegah Kelangkaan Pupuk Bersubsidi di Grobogan


GTOPNEWS.COM – Kartu Tani yang diharapkan bisa mencegah kelangkaan pupuk bersubsidi ternyata meleset. Sebab saat ini di Kabupaten Grobogan (Jateng) kartu tani itu, tak dapat digunakan menebus pupuk bersubsidi jenis urea, ponska, za maupun lainnya di kelompok tani karena barangnya tidak ada alias kosong. Padahal pupuk subsidi yang ditebus dengan kartu tani tersebut, sudah dialokasikan Dinas Pertanian melalui rencana definitif kebutuhan kelompok elektronik (e-RDKK).
Beberapa anggota kelompok tani di Kabupaten Grobogan mengeluhkan hal itu. Sebab jatah pupuk mereka tak dapat ditebus di saat musim pemupukan. Mereka mengatakan, daripada pertumbuhan tanaman padinya terganggu, petani terpaksa membeli pupuk subsidi dengan cara tunai di pedagang pengecer. Meskipun harganya melambung di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.
 ‘’Pupuk subsidi itu tak boleh dijual pedagang pengecer. Karena pupuk tersebut khusus diperbantukan pemerintah untuk petani dalam rangka meningkatkan usaha taninya. Maka kami ini heran di era seperti sekarang masih ada pihak-pihak yang menyelewengkan pupuk subsidi petani dengan menjualnya kepada pedagang pengecer,’’ kata Wardi anggota kelompok tani di Purwodadi, Grobogan, Kamis (23/12/2019).
Ia mengatakan hal itu menanggapi program kartu tani yang dikembangkan Pemprov Jawa Tengah, disebut-sebut dapat mengendalikan kelangkaan pupuk di pasaran. Pemprov Jateng mendapat penghargaan dari Kementerian Pertanian karena dinilai mampu memberikan basis data pertanian yang lengkap.
Wakil Gubernur Taj Yasin mengatakan, kartu tani yang dikelola Pemprov Jateng, mampu mengimplementasikan penyaluran pupuk bersubsidi secara tepat sasaran. Karena, Jateng menjadi satu-satunya provinsi yang menyalurkan kartu tani kepada seluruh petani di 35 kabupaten/kota.
Menurutnya, dengan kartu tani juga bisa mencegah penyimpangan dari distribusi atau penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani di Jateng.
Taj Yasin bilang tingkat transaksi dari penggunaan kartu tani sebagai penebusan pupuk bersubsidi di Jateng cukup tinggi dibanding daerah lain. Selama periode Januari-Agustus 2019, sudah ada 119.329 transaksi dari para penerima kartu tani.
Hingga saat ini, katanya, sudah ada 2,5 juta dari 2,8 juta petani di Jateng telah mendapat kartu tani. Saat ini, tinggal 300 ribuan petani yang belum mendapat kartu tani. (syam/TN)


Kartu Tani Tak Mampu Cegah Kelangkaan Pupuk Bersubsidi di Grobogan Kartu Tani Tak Mampu Cegah Kelangkaan Pupuk Bersubsidi di Grobogan   Reviewed by samsul huda on December 23, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD