KPK-Kemendes Latih 60 Pemuda Jateng Kelola Dana Desa - GROBOGAN TOP NEWS

KPK-Kemendes Latih 60 Pemuda Jateng Kelola Dana Desa


GTOPNEWS.COM – KPK bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan komunitas ketjilbergerak mengadakan Sekolah Pemuda Desa di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Sekolah itu merupakan program pencegahan korupsi, bertujuan melatih para pemuda tentang pengelolaan dana desa.
Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, program ini sebagai upaya pencegahan korupsi, dikemas secara kreatif menggunakan pendekatan seni dan budaya berbasiskan pemberdayaan masyarakat. ‘’Para peserta dibekali pengetahuan tentang desa dan pengelolaan keuangan desa," kata Febri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (22/11/2019). 
Pelatihan ini berlangsung 22-24 November 2019 di Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Kemendes PDTT, Yogyakarta. Diikuti 60 pemuda berusia antar 17-30 tahun dari 20 desa di 16 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. 
Sebelum mengikuti pelatihan, para peserta harus mengirimkan proposal yang berisi tentang potensi, permasalahan, dan usulan mengenai gagasan membangun desa khususnya terkait pemanfaatan dan pengelolaan dana desa.
Selanjutnya, 60 pemuda terpilih mengikuti pelatihan Sekolah Pemuda Desa itu.
Febri mengatakan sejumlah pakar dan praktisi pengelolaan dana desa turut hadir memberi pembekalan. Peserta diberikan berbagai materi mengenai desa dan pengelolaan dana desa. 
Materi pelatihan kata Febri, adalah tentang keuangan desa, regulasi pengelolaan dana desa, potensi pemuda untuk pembangunan dan kemajuan desa, modus-modus dan dampak korupsi dalam pengelolaan dana desa, serta pemanfaatan keuangan desa untuk perbaikan pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan
Dengan itu diharapkan mereka mandiri bisa membuat program dan aksi terkait pemanfaatan dan pengelolaan keuangan desa. Sehingga mereka mampu secara langsung berpartisipasi melakukan pencegahan korupsi dan mendorong pembangunan desa.
Harapannya para pemuda paham bagaimana cara berpartisipasi dalam mengawal dana desa dan memberikan manfaat dalam mendorong pembangunan desa yang sesuai dengan kebutuhan dan peruntukan dana desa.
Program Sekolah Pemuda Desa ini merupakan tahun ketiga sejak diluncurkan 2017. Program ini bermula dari komunitas ketjilbergerak yang mendorong pelibatan dan partisipasi pemuda desa dalam pembangunan desa.
Kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Tahap pertama dilaksanakan tahun ini meliputi 16 kabupaten, yaitu Blora, Boyolali, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Temanggung, dan Wonogiri.
Kemudian tahap kedua akan diselenggarakan pada tahun 2020 meliputi 13 kabupaten/kota, yaitu Banjarnegara, Banyumas, Batang, Brebes, Cilacap, Kebumen, Kendal, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Tegal, dan Wonosobo.
Program Sekolah Pemuda Desa tahun pertama dan kedua dilakukan di Yogyakara sebagai program piloting. Sebanyak 120 orang dari 40 desa di Bantul, Kulon Progo, Sleman, dan Gunungkidul telah mengikuti kegiatan ini. (syam/TN)

KPK-Kemendes Latih 60 Pemuda Jateng Kelola Dana Desa KPK-Kemendes Latih 60 Pemuda Jateng Kelola Dana Desa   Reviewed by samsul huda on November 22, 2019 Rating: 5

1 comment

  1. Kegiatan sangat seru dan asyik, perwakilan dari Grobogan yaitu dari Desa Boloh Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan...


    Ayo pemuda Grobogan kita bergerak, ayo kita ciptakan karya yang bisa menghasilkan inovasi terbaru, pemuda semakin kompak akan lebih baik...

    Terimakasih

    ReplyDelete

Post AD