KPK Geledah Rumah Bupati Lingga Terkait Kasus Korupsi Bupati Kotawaringin Timur - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Geledah Rumah Bupati Lingga Terkait Kasus Korupsi Bupati Kotawaringin Timur


GTOPNEWS.COM – Rumah Bupati Lingga, Alias Wello di Tanjungpinang, Kepualuan Riau, digeledah KPK, Rabu (27/11/2019). Penggeledahan itu terkait dengan kasus korupsi yang menjerat Bupati Kotawatingin Timur Supian Hadi.
Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, hari ini ada tim penyidik yang ditugaskan di Kepri untuk melakukan penggeledahan rumah Bupati Lingga, untuk kepentingan penyidikan perkara di Kotawaringin Timur.
‘’Penyidik menggeledah rumah di Tanjungpinang setelah sebelumnya mendatangi kediaman Alias di Jakarta yang tidak berpenghuni,’’ kata Febri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2019) malam.
Ia mengatakan, tim penyidik sempat mendatangi rumah tersangka di Jakarta beberapa waktu. Rumah itu dalam keadaan kosong, tak berpenghuni. Maka tim langsung menyasar ke rumah tersangka di kepri guna melakukan beberapa pencarian barang bukti. Tidak dijelaskan barang bukti yang didapat dari hasil penggeledahan. Pasalnya  tim masih berada di lokasi.
Sebelumnya KPK menetapkan Supian Hadi sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait penerbitan izin usaha pertambangan (IUP) kepada tiga perusahaan dari Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.
Tiga perusahaan itu adalah PT Fajar Mentaya Abadi, PT Billy Indonesia dan PT Aries Iron Mining. Dalam kasus ini, perbuatan Supian diduga merugikan negara Rp 5,8 triliun dan 711.000 dollar Amerika Serikat.
Dugaan kerugian negara itu dihitung dari produksi hasil pertambangan bauksit, kerusakan lingkungan dan kerugian kehutanan akibat produksi dan kegiatan pertambangan.
Supian diduga menyalahgunakan wewenang dalam penerbitan izin usaha pertambangan kepada tiga perusahaan tersebut. Masing-masing perizinan itu diberikan pada 2010 hingga 2012. Diduga pemberian izin usaha pertambangan tersebut tidak sesuai dengan persyaratan dan melanggar regulasi. (syam/TN)

KPK Geledah Rumah Bupati Lingga Terkait Kasus Korupsi Bupati Kotawaringin Timur KPK Geledah Rumah Bupati Lingga Terkait Kasus Korupsi Bupati Kotawaringin Timur Reviewed by samsul huda on November 28, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD