Kepala Daerah Diminta KPK Bikin Aturan Pendidikan Antikorupsi di Sekolah - GROBOGAN TOP NEWS

Kepala Daerah Diminta KPK Bikin Aturan Pendidikan Antikorupsi di Sekolah


GTOPNEWS.COM -  KPK mengadakan safari pendidikan anti korupsi ke sekolah-sekolah di Gorontalo dan Jawa Barat. Tim KPK memantau langsung penerapan pendidikan antikorupsi pada sekolah-sekolah di dua daerah itu.
"KPK menemukan beberapa sekolah telah menanamkan pendidikan karakter dengan cara yang kreatif," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019). 
Febri menyebut cara penilaian karakter itu melalui kerapian pakaian hingga ketepatan waktu hadir di sekolah. Bagi yang mendapatkan nilai tinggi akan diumumkan setiap upacara bendera.
"Sebaliknya, bagi yang tidak memenuhi, misalnya tiga kali datang terlambat, maka orang tua murid akan dipanggil. Pemanggilan orang tua bukan untuk memberikan hukuman kepada anak, melainkan menanyakan penyebab siswa terlambat untuk mencari solusi bersama," ucap Febri.
Safari berlangsung Senin (11/11) sampai Jumat (15/11) besok. Sekolah-sekolah yang dikunjungi tersebar di Gorontalo dan Jawa Barat antara lain Bekasi, Bogor, dan Cirebon.
Implementasi pendidikan antikorupsi ini diinisiasi KPK sejak Desember 2018 bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
Harapannya, pendidikan antikorupsi dapat diterapkan pada semua institusi pendidikan serta semua tingkatan pendidikan.
KPK berharap para kepala daerah lain ikut mendukung implementasi pendidikan antikorupsi di sekolah-sekolah. Caranya bisa melalui landasan hukum dalam peraturan di daerah masing-masing.
"KPK mendorong komitmen kepala daerah lainnya agar segera menerbitkan aturan serupa sehingga implementasi pendidikan antikorupsi dapat diterapkan dengan lebih banyak satuan pendidikan.
Harapannya, implementasi pendidikan antikorupsi dapat menciptakan ekosistem budaya antikorupsi dari sektor formal yang paling utama dalam membangun karakter generasi muda, yaitu institusi pendidikan.
KPK juga mendorong pemerintah daerah untuk mengeluarkan peraturan terkait sebagai dasar implementasi pendidikan antikorupsi di tingkat sekolah dasar dan menengah pertama untuk pemerintah kabupaten/kota dan sekolah menengah atas untuk pemerintah provinsi. (syam/TN).


Kepala Daerah Diminta KPK Bikin Aturan Pendidikan Antikorupsi di Sekolah Kepala Daerah Diminta KPK Bikin Aturan Pendidikan Antikorupsi di Sekolah Reviewed by samsul huda on November 14, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD