Jaksa Agung Banting Stir Dari Penindakan ke Pencegahan - GROBOGAN TOP NEWS

Jaksa Agung Banting Stir Dari Penindakan ke Pencegahan


GTOPNEWS.COM – Jaksa Agung ST Burhanudin banting stir strategi penegakan hukum dari penindakan menjadi bertitik berat ke pencegahan. Itu sebabnya ia meminta jajarannya bahwa penegakan hukum fokus pada pencegahan. Dengan fokus baru ini, maka kejahatan korupsi tak akan terulang lagi.
Pencegahan korupsi ini menjadi satu dari delapan fokus kerja dirinya sebagai Jaksa Agung. Sebelumnya delapan fokus itu dia kemukakan di depan Komisi III DPR. Dan pencegahan korupsi menjadi fokus pertama.
"Penanganan suatu perkara tidak hanya sekedar mempidanakan perilaku dan mengembalikan kerugian negara, namun juga harus dapat memberikan solusi perbaikan sistem agar tidak terulang lagi," kata Burhanuddin. 
Fokus ini ditegaskannya kembali dalam Rapat Koordinasi Nasional dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di SICC, Sentul, Bogor, Rabu (13/11/2019).
Ke depan penanganan suatu perkara tidak hanya sekadar memidanakan pelaku dan kembalikan kerugian negara, tapi juga solusi perbaikan sistem sehingga perbuatan tersebut tidak dilakukan lagi," ujarnya.
Dia berbicara soal perbaikan sistem. Belum jelas betul sistem apa yang akan dia jalankan untuk mencegah korupsi yang selama ini masih terus terjadi di sana-sini. Yang jelas, penindakan tak akan lagi jadi titik berat penegakan hukum terhadap korupsi.
"Artinya bahwa kebijakan penegakan hukum, khususnya korupsi, oleh Kejagung yang dulunya menitikberatkan pada penindakan akan bergeser pada pencegahan," ucap Burhanuddin dalam Rakornas itu. 
Ia juga akan mengubah penilaian kinerja kejaksaan tidak lagi berorientasi pada banyaknya penanganan perkara. Tak ada lagi target operasi dan karang-mengarang demi memenuhi target itu.
Dia juga meminta adanya pengawasan terhadap perda-perda yang menghambat investasi, mewanti-wanti aparat kejaksaan untuk tak korupsi, memperhatikan aset-aset negara, menerapkan pelayanan berbasis IT, hingga pengawasan terhadap pelayanan supaya bebas korupsi. (syam/TN)


Jaksa Agung Banting Stir Dari Penindakan ke Pencegahan Jaksa Agung Banting Stir Dari Penindakan ke Pencegahan Reviewed by samsul huda on November 13, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD