Penunjukan ST Burhanuddin Jadi Jaksa Agung Menuai Polemik - GROBOGAN TOP NEWS

Penunjukan ST Burhanuddin Jadi Jaksa Agung Menuai Polemik


GTOPNEWS.COM - Penunjukkan ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung 2019-2024 menuai polemik. Sebab Burhanuddin merupakan adik dari politikus PDIP, TB Hasanuddin.
Politisi Nasdem Irma Suryani menduga bahwa Burhanuddin merupakan titipan dari PDIP. Karena awalnya jabatan jaksa agung itu diberikan ke Mahfud MD, mantan ketua MK yang lebih profesional di bidang penegakan hukum. Namun kurang sehari, Mahfud MD digeser jadi Menko Polhukam.
Mahfud MD di Jakarta membenarkan hal itu. Ia mengatakan, memang awalnya dia yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai jaksa agung. Bahkan menurutnya hal itu sudah lama ditawarkan ke pihaknya.
Sementara itu Presiden Jokowi menjamin Burhanuddin akan profesional.
"Kenapa saya pilih Pak ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung. Pertama saya melihat dia dari birokrat. Orang internal yang memahami hal-hal di internal kejaksaan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019).
Ia mengatakan, bahwa dirinya telah beberapa kali berbincang dengan Burhanuddin. Dari pembicaraan itulah, Jokowi tertarik penjelasan Burhanuddin soal pembenahan internal di Kejaksaan hingga pencegahan korupsi.
Dia menilai berlebihan apabila penunjukkan Burhanuddin dikait-kaitkan dengan sang kakak yang merupakan Politisi PDIP. Selain profesional, Jokowi mengaku terpesona dengan penampilan Burhanuddin. "Saya menjamin JA profesional, saya lihat penampilannya juga oke. Tegas tapi lembut," ujarnya. (syam/TN)

Penunjukan ST Burhanuddin Jadi Jaksa Agung Menuai Polemik Penunjukan ST Burhanuddin Jadi Jaksa Agung Menuai Polemik Reviewed by samsul huda on October 24, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD