Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Hindari Area Rawan Korupsi Agar Tak Kena OTT KPK - GROBOGAN TOP NEWS

Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Hindari Area Rawan Korupsi Agar Tak Kena OTT KPK


GTOPNEWS.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, bahwa pihaknya selalu mengingatkan kepala daerah supaya menghindari area rawan korupsi dalam setiap kesempatan rapat di Jakarta maupun di daerah. 
Ia menjelaskan, ketika kepala daerah dilantik, ia langsung membawanya  ke KPK untuk berdialog tentang integritas maupun pencegahan  korupsi.  
Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menyampaikan pesan agara kepala daerah tidak bermain dalam proyek pengadaan barang/jasa, jual beli jabatan, pengelolaan anggaran, p-erizinan dan lainnya.
"Jadi area rawan korupsi sudah sejak awal kami sampaikan agar semua hati-hati," kata Tjahjo di Kantor Kemenkum HAM, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019).
Ia mengatakan hal itu menanggapi ditangkapnya Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara oleh Tim Satgas KPK akibat suap proyek-proyek di Dinas PUPR dan Koperindag Pemkab Lampung Utara.
Plt Menkum HAM ini mengatakan, bahwa setiap pemerintah daerah  mempunyai bagian hukum agar para kepala daerah bisa mengambil kebijakan secara singkron bersama pihak bersangkutan lainnya.
Dengan itu, menurut Tjahjo, OTT mestinya tidak perlu ada lagi kalau memang sistem yang sudah dijalankan seperti di atas bisa dijalankan dengan baik.
"Kalau kepala daerah menjalankan kebijakan itu dengan baik, saya yakin tidak akan ada OTT," ujar Tjahyo.
Menteri Tjahjo menekankan kepada seluruh pihak saling menjaga satu sama lain agar tidak tercebur ke dalam pusaran korupsi.
"Kami sebagai mendagri hanya mengingatkan, mari sama-sama mengingatkan, saling menjaga," pintanya. (syam/TN)

Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Hindari Area Rawan Korupsi Agar Tak Kena OTT KPK Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Hindari Area Rawan Korupsi Agar Tak Kena OTT KPK Reviewed by samsul huda on October 07, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD