Jokowi Ajukan Idham Azis sebagai Calon Tunggal Kapolri ke DPR - GROBOGAN TOP NEWS

Jokowi Ajukan Idham Azis sebagai Calon Tunggal Kapolri ke DPR


GTOPNEWS.COM - Presiden Jokowi mengatakan, bahwa pihaknya telah mengajukan Komjen Pol Idham Azis ke DPR menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian. Jokowi menyebut, Idham adalah satu-satunya calon Kapolri yang diajukan ke DPR.
Jokowi mengatakan hal itu usai melantik dan mengambil sumpah jabatan menteri-menteri yang menjadi pembantunya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019).
Jokowi mengatakan, Idham sebagai calon Kapolri sudah diajukan kepada DPR pada Rabu (23/10) hari ini. Dengan demikian, pemerintah tinggal menunggu proses seleksi dan persetujuan dari parlemen terkait pencalonan Idham.
Tito sebelumnya juga menyampaikan bahwa posisinya di Korps Bhayangkara akan digantikan oleh Idham. Meski demikian, ia tak mau menjelaskan secara detil terkait dengan penggantinya kelak. Dia meminta agar hal tersebut ditanyakan langsung kepada Kementerian Sekretariat Negara.
“Kan sudah dikirim. Tanya Kemensesneg,” kata Tito.  Sebelumnya Presiden Jokowi mengajukan permohonan pengunduran diri Tito sebagai Kapolri kepada DPR pada Selasa (22/10). Permohonan itu sesuai surat Presiden Nomor R51 tanggal 21 Oktober 2019 perihal Permintaan Pemberhentian Kapolri.
DPR lantas menyetujui usulan Presiden Jokowi untuk memberhentikan Tito sebagai Kapolri. Hal itu diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR yang diselanggarakan kemarin.
Komjen Ari Dono Sukmanto sementara ini menggantikan Tito sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri. Ari Dono sebelumnya menjabat sebagai Wakapolri. (syam/TN)

Jokowi Ajukan Idham Azis sebagai Calon Tunggal Kapolri ke DPR Jokowi Ajukan Idham Azis sebagai Calon Tunggal Kapolri ke DPR Reviewed by samsul huda on October 23, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD