Jelang Akhir Tahun, Tito Minta Dirjen Sisir Penyerapan Anggaran Rendah ke Daerah - GROBOGAN TOP NEWS

Jelang Akhir Tahun, Tito Minta Dirjen Sisir Penyerapan Anggaran Rendah ke Daerah


GTOPNEWS.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan,  dua bulan ke depan, dirinya akan fokus pada penyerapan anggaran pemerintah daerah (Pemda) hingga akhir 2019.
Hal itu diungkapkan saat memimpin apel pertama di kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (24/10/2019).
"Saya minta dirjen terkait menyisir daerah-daerah mana yang penyerapan anggaranya kurang bagus (rendah-red)," ujar Tito.
Tito berharap, Pemda tidak menghamburkan anggaran serta mengalokasikannya ke program yang tepat. Anggaran sisa akhir tahun diminta digunakan secara efektif.
Ia berharap kebijakan tidak menghambur-hamburkan anggaran itu berdampak ke peningkatan pembangunan.
‘’Kalau penyerapan anggara rendah dan pembangunannya enggak ada, kita harus mendorong di pemerintahan kali ini perencanaan dan eksekusinya harus lebih bagus," jelasnya.
Tito menekankan, dirinya paham keinginan Presiden Jokowi, yaitu bekerja cepat dan efisien. Terutama mengenai anggaran. Sebelumnya, ia mengatakan bahwa dirinya memahami misi yang disampaikan Presiden Jokowi ke dirinya. Salah satu yang diutamakan ialah penyederhanaan perizinan investasi.
Maka pihaknya segera berkoordinasi dengan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Menko Kemaritiman dan Investasi.
Tito menyebut, selain penyederhanaan perizinan, dirinya juga akan memastikan koordinasi kebijakan hingga ke tingkat daerah.
Ia berjanji akan menyelaraskan kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah, supaya tidak terjadi tumpang tindih.
"Sekali lagi Kementerian Dalam Negeri menyesuaikan kebijakan antara pusat dan daerah dengan spirit utamanya adalah mempermudah iklim investasi, secara spesifik nanti kita akan bicarakan," tuturnya. (syam/TN)

Jelang Akhir Tahun, Tito Minta Dirjen Sisir Penyerapan Anggaran Rendah ke Daerah Jelang Akhir Tahun, Tito Minta Dirjen Sisir Penyerapan Anggaran Rendah ke Daerah Reviewed by samsul huda on October 25, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD