KPK Tunjukkan 45 Bukti Yakinkan Penetapan Tersangka Bupati Kudus Sesuai Prosedur - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Tunjukkan 45 Bukti Yakinkan Penetapan Tersangka Bupati Kudus Sesuai Prosedur


GTOPNEWS.COM – KPK menunjukkan 45 bukti dalam sidang lanjutan praperadilan Bupati Kudus nonaktif Muhammad Tamzil. KPK yakin bukti itu, sudah cukup menunjukkan penetapan tersangka terhadap Tamzil sesuai dengan prosedur.
"Ada 43 bukti ditambah 2 bukti jadi 45 bukti. Kami meyakini sesuai formil semua sudah dilalui sesuai hukum acara yang berlaku," kata Tim Biro Hukum KPK Juliandi Tigor Simanjuntak di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2019). 
Salah satu bukti yang diserahkan KPK adalah bukti penerimaan uang yang ditandatangani staf khusus Bupati Agus Suranto saat dia ditangkap. Diketahui, saat penangkapan Agus, KPK menyita uang Rp 145 juta dan Rp 25 juta dari Agus.
"Bukti terakhir yang kami sampaikan itu bukti memang kami memperoleh bukti penerimaan uang Rp 145 juta dan Rp 25 juta pada tangkap tangan di Kudus pada tanggal 26. Jadi proses tangkap tangan itu kami menemukan di tempat kediamannya saudara Agus dan Uka di Kudus," kata Juliandi.
Bukti itu diyakini sebagai uang yang diberikan kepada pemohon. Kemudian dari uang tersebut pihaknya melakukan pengamanan. Makanya pihaknya menunjukkan surat tanda penerimaan uang yang ditandatangani pada saat kejadian yang menguasai Agus dan Uka. 
KPK juga menyampaikan bukti pemeriksaan saksi-saksi. Serta surat penetapan pengadilan terkait penggeledahan dan penyitaan barang bukti.
Tamzil ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga menerima suap terkait jual beli jabatan di Pemkab Kudus yang dipimpinnya.  Selain Tamzil, dua stafnya yaitu staf khusus Bupati Agus Suranto dan Plt Sekdis PPKAD Kudus Akhmad Sofyan juga ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap.
Tamzil diduga menerima uang Rp 250 juta dari Akhmad lewat Agus. Uang itu diduga untuk keperluan pelunasan angsuran mobil pribadi Tamzil. (syam/TN)

KPK Tunjukkan 45 Bukti Yakinkan Penetapan Tersangka Bupati Kudus Sesuai Prosedur KPK Tunjukkan 45 Bukti Yakinkan Penetapan Tersangka Bupati Kudus Sesuai Prosedur Reviewed by samsul huda on September 26, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD