TP4D Kejaksaaan Belum Bersih dari Korupsi - GROBOGAN TOP NEWS

TP4D Kejaksaaan Belum Bersih dari Korupsi


GTOPNEWS.COM -  Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat)  Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menilai, bahwa Tim Pengawal Pengaman Pemerintah Pembangunan Daerah (TP4D) di kejaksaan belum bersih dari tindak pidana korupsi.
Peneliti Pukat UGM Zaenurrohman mengatakan, OTT 2 orang jaksa dari Kejari Yogyakarta dan Kejari Solo itu, memberikan kesan buruk di institusi kejaksaan.  Bahkan dapat menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi penegak hukum terutama TP4D maupun terhadap hukum secara umum
‘’Kejadian itu sebagai salah satu bukti, bahwa reformasi kejaksaan belum berhasil mengakhiri praktik korupsi. Padahal sebuah negara dapat berhasil memberantas korupsi jika institusi penegak hukumnya terlebih dahulu bersih,’’ kata Zeenurrohman di Yogyakarta, kemarin.
Ia mengatakan, korupsi sulit diberantas salah satunya akibat penegak hukumnya sendiri bepoum bersih dari korupsi. Hal itu, katanya, merupakan pemikiran sederhana dari adanya korupsi di negeri ini. Maka bila Indonesia ingin bersih dari korupsi, maka penegak hukumnya harus bersih dulu dari tindak pidana korupsi.
Zaenurrohman mengatakan keterlibatan jaksa dalam TP4D saja sebenarnya sudah bermasalah. Menurut dia, kejaksaan merupakan lembaga pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan di bidang penuntutan.
“Memang jaksa dapat memberi pertimbangan dalam bidang hukum kepada instansi pemerintah lainnya. Namun kewenangan ini bukan berarti kejaksaan dapat masuk dan menempel dalam setiap proyek pembangunan yang dilaksanakan instansi pemerintah,” ujarnya.
Ruang inilah lanjutnya, yang kemudian berpotensi menumbuhkan korupsi di tubuh kejaksaan.
Sebelumnya KPK menetapkan dua jaksa sebagai tersangka suap dalam lelang proyek di Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Yogyakarta.  Keduanya adalah jaksa Kejaksaan Negeri Yogyakarta Eka Safitra dan jaksa Kejari Surakarta Satriawan Sulaksono.
Kasus ini bermula ketika Dinas PUPKP Kota Yogyakarta melaksanakan lelang pekerjaan rehabilitasi (drainse) saluran air hujan di Jalan Supomo Yogyakarta, dengan pagu anggaran sebesar Rp 10,89 miliar. Proyek tersebut dikawal Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Yogyakarta. Eka adalah anggota tim TP4D itu. (syam/TN)


TP4D Kejaksaaan Belum Bersih dari Korupsi TP4D Kejaksaaan Belum Bersih dari Korupsi Reviewed by samsul huda on August 22, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD