KPK Soroti SDA, Sarang Korupsi - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Soroti SDA, Sarang Korupsi


GTOPNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengatakan, bahwa Sumber Daya Alam (SDA) merupakan sektor yang rentan menjadi bancakan para koruptor. Itu sebabnya, SDA menjadi salah satu sektor yang paling dipantau KPK.
"Sektor itu paling banyak dikorupsi. Lebih-lebih setiap banyak uang disitu ada potensi korupsi," ujar Syarif d‎alam diskusi 'Quo Vadis Korupsi Sumber Daya Alam Indonesia di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (16/7/2019).
Menurut Syarif, SDA merupakan sektor yang paling sering terjadinya state capture atau negara mengorupsi negara. State capture merupakan sebuah aktivitas mengkooptasi, mengintervensi, dan mendominasi kebijakan negara melalui suap dan tekanan.
"SDA paling banyak uang. Sumber alam itu dirancang dari awal untuk dicuri demi kepentingan pribadi. Mereka mengambil keuntungan tersebut yang seharusnya jadi bagian negara," ujar Syarif.
Ia mencontohkan state capture di sektor SDA. Salah satunya korupsi di sektor kehutanan yang menjerat mantan Bupati Pelalawan, Riau, Tengku Azmun Jaafar. Bupati ini mengeluarkan 20 izin pemanfaatan hutan. Tapi 8 di antaranya izin untuk keluarganya sendiri.
 Menurut Syarif penanganan kasus korupsi di sektor SDA lebih sulit ketimbang korupsi di sektor anggaran. Hal ini lantaran korupsi di sektor SDA berkaitan dengan penerimaan negara.
"Kalau APBN-APBD gampang diukur. Proyek perumahan pegawai negeri Rp 1 miliar. Kita hitung saja setelah jadi, pasti harga ini oleh ahli diukur paling banter Rp 600 juta. Itu bisa kita ukur. Tapi kalau dari segi pendapatan, itu tidak bisa seperti itu. Berapa royalti dari batubara, nikel, emas, hanya yang punya tambang dan pemerintah yang punya kewenangan pengawasan tentang itu yang tahu," kata Syarif. (syam/TN)

KPK Soroti SDA, Sarang Korupsi KPK Soroti  SDA, Sarang Korupsi Reviewed by samsul huda on July 17, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD