Ketua KPK: Penggeledahan Ruang Mendag untuk Cari Barang Bukti Bowo - GROBOGAN TOP NEWS

Ketua KPK: Penggeledahan Ruang Mendag untuk Cari Barang Bukti Bowo


GTOPNEWS.COM - Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, penggeledahan di ruang kerja Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita merupakan pengembangan dari kasus Bowo Sidik Pangarso, anggota DPR Fraksi Golkar yang terjerat dalam kasus distribusi pupuk.
Menurut Agus, penyidik sedang menelusuri asal uang Rp 2 miliar yang diterima anggota DPR RI, Bowo Sidik Pangarso. Salah satunya adalah melakukan penggeledahan di Kementerian Perdagangan pada Senin (29/4).
"Ada keterangan yang membutuhkan penelusuran alat bukti yang lebih. Kan disampaikan salah satu uangnya dari sana (Mendag-red). Maka kami dalami barangkali ada kaitannya. Barangkali yang disampaikan (Bowo) itu betul," kata Agus di Gedung KPK  Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2019).
Pihaknya keberatan memberikan penjelasan rinci mengenai penggeledahan itu. Pasalnya proses penyidikannya tengah berlangsung. Pihaknya berjanji, akan terus mengembangkan kasus ini.
"Ya, nanti kita ikuti saja karena akan bergerak terus," ujarnya.
Sebelumnya, nama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dikait-kaitkan dalam  berita acara pemeriksaan (BAP) Bowo. Dalam BAP, dari Rp 8 miliar yang diterima Bowo, sebesar Rp 2 Miliar di antaranya disebut diterima dari Enggartiasto. Hal itu dimaksudkan agar Bowo mengamankan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 16/M-DAG/PER/3/2017 tentang Perdagangan Gula Kristal Rafinasi Melalui Pasar Lelang Komoditas, yang akan berlaku akhir Juni 2017.
Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, tim penyidik menyita sejumlah dokumen terkait perdagangan gula di Kementerian Perdagangan. Sejak pagi tadi, tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di ruang Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Penggeledahan itu  terkait gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan Bowo Sidik Pangarso, sebagai anggota DPR RI.
Febri menerangkan, KPK perlu melakukan penggeledahan pada hari ini untuk menindaklanjuti beberapa fakta yang muncul selama proses penyidikan. Menurut dia, bukti-bukti relevan, seperti dokumen-dokumen terkait di sana, perlu dicermati. "Ini bagian dari proses verifikasi atas beberapa informasi yang berkembang di penyidikan," ucapnya.
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membantah telah memberikan uang kepada tersangka Bowo. "Dari saya yakin betul tidak ada. Dia dari Golkar, saya dari Nasdem," kata Enggartiasto di Jakarta pada Senin (29/4) sore.
Enggartiasto juga membantah tuduhan adanya kepentingan Kementerian Perdagangan dalam kasus pemberian uang Rp 2 miliar. "Yang memberikan izin saya kan. Apa urusannya dia (Bowo)? Kenapa saya harus mengasih uang kepada orang lain?" kata Enggartiasto. (syam/TN)


Ketua KPK: Penggeledahan Ruang Mendag untuk Cari Barang Bukti Bowo Ketua KPK: Penggeledahan Ruang Mendag untuk Cari Barang Bukti Bowo Reviewed by samsul huda on April 29, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD