Basaria Panjaitan: KPK Tengah Soroti Kasus Pendidikan di Jateng - GROBOGAN TOP NEWS

Basaria Panjaitan: KPK Tengah Soroti Kasus Pendidikan di Jateng


GTOPNEWS.COM - Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, bahwa Jawa Tengah (Jateng) mendapat perhatian khusus KPK. Bukan karena prestasinya dalam hal pelaporan LHKPN. Tetapi menyusul banyaknya penindakan atas sejumlah kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) di daerah itu.
"Yang pasti Jawa Tengah ini jadi atensi KPK," kata Basaria di Semarang, Senin (1/4/2019). Ia mengatakan hal itu ketika memberikan pengarahan dalam penandatanganan kerja sama monitoring pembayaran pajak secara daring melalui perbankan oleh pemerintah daerah se-Jawa Tengah.
Ia mengatakan, berkali-kali KPK datang ke Jawa Tengah melaksanakan supervisi tentang tindak pidana korupsi. Namun anehnya berulang kali pula terjadi penindakan dalam kasus yang sama (Tipikor).
"Memang kami sempat berpikir, apa mungkin waktu didatangi mereka tidak memperhatikan dan mendengarkan pengarahan KPK," ujarnya.
Basaria menjelaskan,  ada kasus di bidang pendidikan di Jateng yang sedang ditangani KPK. Tidak dijelaskan apa jenis kasusnya. Yang pasti katanya, hal ini menjadi atensi KPK. ‘’Bagaimana kita akan membenahi sumber daya manusia (SDM) kalau di bidang pendidikannya masih terjadi korupsi," jelasnya.
Tim koordinasi dan supervisi KPK, lanjut dia, dibagi dalam sembilan wilayah di Indonesia. Tim itu siap memberikan pendampingan kepada pemerintah daerah dalam menggunakan anggaran negara.
Ia menjelaskan tim itu bisa ditanyai dan jika mengarah ke pelanggaran akan memberikan peringatan. Basaria mengatakan, 80 persen penindakan yang dilakukan KPK berkaitan dengan pengurusan perizinan. Di antaranya dalam bentuk suap, termasuk pada pengadaan barang dan jasa. (syam/TN) 




Basaria Panjaitan: KPK Tengah Soroti Kasus Pendidikan di Jateng Basaria Panjaitan: KPK Tengah Soroti Kasus Pendidikan di Jateng Reviewed by samsul huda on April 01, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD