Kurniawan Eddy, Tersangka OTT PT Krakatau Steel Serahkan Diri ke KPK - GROBOGAN TOP NEWS

Kurniawan Eddy, Tersangka OTT PT Krakatau Steel Serahkan Diri ke KPK


 
GTOPNEWS.COM -  Setelah lima hari dalam pencarian, akhirnya Kurniawan Eddy Tjokro (KET) alias Yudi Tjokro menyerahkan diri ke KPK di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2019).  Tersangka suap proyek pengadaan barang/jasa di PT Krakatau Steel itu, menyerahkan diri pukul 10.30 WIB dengan didampingi kuasa hukumnya.
"Yang bersangkutan langsung diperiksa penyidik di ruang pemeriksaan,’’ kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2019).
Pihaknya menghargai penyerahan diri yang bersangkutan ke KPK. Hal itu dinilainya  sebagai bentuk sikap kooperatif dengan proses hukum. Febri berharap yang bersangkutan terbuka menjelaskan fakta-fakta kasusnya secara jujur.
Hingga saat ini tersangka Kurniawan Eddy masih menjalani pemeriksaan. Sebelumnya, Kurniawan Eddy tak ditemukan di rumahnya operasi tangkap tangan (OTT) tengah berlangsung, Jumat (22/3/2019). Maka Wakil Ketua KPK Saut Situmorang ketika konferensi pers meminta Kurniawan Eddy segera menyerahkan diri daripada dikejar-kejar petugas..
Kasus ini berawal dari OTT KPK, Jumat (22/3/2019). Hasilnya, KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka, yaitu sebagai penerima Direktur Teknologi dan Produksi PT Krakatau Steel (Persero) Wisnu Kuncoro (WNU) dan pihak swasta (kontraktor) Alexander Muskitta. Sebagai pemberi suap pihak swasta, Kenneth Sutardja dan Kurniawan Eddy Tjokro alias Yudi Tjokro.
KPK menduga Alexander meminta fee 10 persen dari total nilai kontrak proyek kepada PT Grand Kartech dan Group Tjokro. Adapun proyek yang bakal dilaksanakan itu bernilai Rp 24 miliar dan Rp 2,4 miliar.
Permintaan itu diduga dilakukan Alexander mewakili Wisnu. KPK menduga ada uang Rp 50 juta dari Kenneth serta USD 4 ribu dan Rp 45 juta dari Kurniawan. Dari uang yang telah diterima itu, Rp 20 juta telah diserahkan Alexander kepada Wisnu.
Uang Rp 20 juta dan tabungan atas nama Alexander diamankan KPK untuk barang bukti. (syam/TN)


Kurniawan Eddy, Tersangka OTT PT Krakatau Steel Serahkan Diri ke KPK Kurniawan Eddy, Tersangka OTT PT Krakatau Steel Serahkan Diri ke KPK Reviewed by samsul huda on March 26, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD