KPK Koordinasi Pencegahan Korupsi ke Daerah - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Koordinasi Pencegahan Korupsi ke Daerah

GTOPNEWS.COM - Tim Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Pencegahan  KPK  bertandang ke daerah, yaitu ke Polda Sumatera Selatan dan Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan. Hal itu dilakukan untuk membahas program pencegahan korupsi di daerah tersebut.
"Korsup ini mengajak aparat penegak hukum di Sumut untuk bersama-sama berkontribusi mendukung upaya perbaikan di Pemda Sumut melalui program pencegahan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019).
Tim Korsup KPK juga membahas rencana aksi pencegahan Bidang BUMD hingga pembahasan optimalisasi pendapatan daerah dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumatera Selatan (Sumsel). "Kemarin Selasa, 19 Maret 2019 KPK menggelar rapat koordinasi dan evaluasi program pemberantasan korupsi terintegrasi di Provinsi Sumsel dan kemudian ditutup dengan FGD penertiban aset pemerintah. Jadi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tersebut," ujar Febri.
Ia mengatakan, dalam korsup itu, KPK melibatkan gubernur, wali kota, bupati, sekretaris daerah, inspektorat, hingga pimpinan DPRD. KPK mengevaluasi program intervensi sistem pencegahan korupsi di setiap level daerah.
"Catatan perbaikan yang perlu terus dilakukan progress implementasinya, penyempurnaan e-planning dan e-budgeting, kemandirian dan independensi ULP, perbaikan aplikasi e-PTSP, penguatan dan pemberdayaan APIP, pengelolaan SDM, kepatuhan terhadap LHKPN, dan transparansi rekrutmen, rotasi, mutasi hingga optimalisasi pendapatan daerah.
KPK meminta seluruh jajaran Pemprov Sumsel mengimplementasikan sejumlah program pencegahan secara serius. Program itu seperti optimalisasi penerimaan daerah, manajemen aset, pendidikan antikorupsi, tata kelola sumber daya alam, pengelolaan BUMD dan survei penilaian integritas.

KPK mengapresiasi keterbukaan pihak Pemprov, Pemkot dan Pemkab serta institusi di Sumatera Selatan. Menurut KPK program pencegahan akan berhasil jika ada komitmen utuh dari unsur pimpinan daerah dan jajarannya. (syam/TN)


KPK Koordinasi Pencegahan Korupsi ke Daerah KPK Koordinasi Pencegahan Korupsi ke Daerah Reviewed by samsul huda on March 20, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD