Kembalikan Uang Rp 3,65 Miliar ke KPK, Taufik Segera Diadili di PN Tipikor Semarang - GROBOGAN TOP NEWS

Kembalikan Uang Rp 3,65 Miliar ke KPK, Taufik Segera Diadili di PN Tipikor Semarang






GTOPNEWS.COM- Wakil Ketua DPR (Nonaktif ) Taufik Kurniawan mengembalikan uang suap yang diterima dari fee pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen (Jateng) Rp 3,65 miliar ke penyidik KPK.

"Selama proses Penyidikan, Taufik Kurniawan telah mengembalikan uang ke KPK sejumlah Rp 3,65 miliar. Sejumlah uang itu disita dan kemudian menjadi bagian dari berkas perkara," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (5/3/2019).
Jumlah yang dikembalikan itu sama dengan total uang suap yang diduga diterima Taufik. Proses penyidikan terhadap Taufik sendiri telah selesai dan segera diadili di PN Tipikor Semarang.

Kemarin Taufik dipanggil penyidik KPK untuk menandatangani berita acara pelimpahan berkas perkara atas dirinya ke jaksa penuntut umum. Usai menandatangani berita acara itu, Taufik tak banyak bicara ketika ditanyakan mengenai persiapan dirinya menghadapi persidangan atas perkaranya. Dia mengaku berdoa dan menyerahkan urusan tersebut kepada Allah.
"Ya berdoa. Kita serahkan kepada Allah," kata Taufik. KPK sebelumnya menetapkan Taufik sebagai tersangka karena diduga menerima uang Rp 3,65 miliar dari Bupati Kebumen (Nonaktif) Yahya Fuad. Uang itu diduga terkait pengurusan DAK Kebumen pada APBN Perubahan 2016.
Taufik adalah wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah. Dia merupakan anggota DPR Fraksi PAN dari Dapil Jateng VII (Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga).
Dalam kasus itu, KPK juga menetapkan Ketua DPRD Kebumen Cipto Waluyo sebagai tersangka dugaan suap dari Yahya Fuad. Dia diduga menerima Rp 50 juta terkait pengesahan APBD 2015-2016.
Yahya sendiri telah divonis bersalah di pengadilan. Dia dihukum 4 tahun penjara, denda Rp 300 juta subsider 4 bulan kurungan, dan pencabutan hak politik selama 3 tahun. (syam/TN)


Kembalikan Uang Rp 3,65 Miliar ke KPK, Taufik Segera Diadili di PN Tipikor Semarang Kembalikan Uang Rp 3,65 Miliar ke KPK, Taufik Segera Diadili di PN Tipikor Semarang Reviewed by samsul huda on March 05, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD