7 April Bandara NYIA Beroperasi, Menteri BUMN Minta Kualitas Bangunan Diutamakan - GROBOGAN TOP NEWS

7 April Bandara NYIA Beroperasi, Menteri BUMN Minta Kualitas Bangunan Diutamakan



GTOPNEWS.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN Rini Sumarno meninjau pelaksanaan proyek pembangunan Bandara Baru Yogyakarta New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, Kamis (21/2/2019). Rencananya bandara ini akan dioperasionalkan Bulan April 2019 mendatang. 

Ia mengatakan, pembangunan bandara ini lebih cepat dari yang direncanakan. Bahkan awal April 2019 khusus penerbangan Internasional mulai dioperasionalkan. Rini mengingatkan, kualitas pembangunan bandara ini harus diutamakan. Bahan dikedepankan karena bandara NYIA merupakan bandara terbesar ketiga setelah Soekarno-Hatta Jakarta dan Ngurah Rai, Bali.
“Saya minta keamanan kualitas bangunan ini harus benar-benar diperhatikan,” kata Menteri BUMN Rini di sela kunjungan di bandara NYIA Yogyakarta, Kamis (21/2/2019).

Menteri BUMN didampingi Dirut PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, Wabup Kulonprogo Sutedjo dan PT Pembangunan perumahan (PP) selaku pelaksanakan pembangunan bandara.
“Angkasa Pura harus bisa memberikan pelayanan terbaik, image bandara NYIA di Kulonprogo ini harus memiliki kualitas terbaik,” ujar Rini.
Pihaknya berharap  pembangunan bandara ini dilaksanakan sebaik mungkin. Sehingga ketika bulan April dibuka bisa memberikan pelayanan terbaik. Meskipun cuaca kerap menjadi kendala dengan seringnya turun hujan belakangan ini.
“Memang kita coba terus setiap hari, tetapi hujan memang tidak bisa dihindarkan meskipun memakai pawang. Tetapi kita harus jaga kualitas,” ujarnya.

Direktur PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, sebenarnya sesuai kontrak dengan PT PP pekerjaan bandara ini akan selesai Juli 2020. Namun pihaknya komitmen Desember 2019 akan bisa selesai 100 persen.

Dikatakan, bulan April 2019 akan selesai 50 persen.  Artinya airside sudah bisa selesai 100 persen tetapi yang di terminalnya itu mungkin sekitar 30 persen untuk dimanfaatkan dalam penerbangan internasional. Nanti penerbangan di Adisutjipto bisa langsung dipindah ke Kulonprogo.
Namun kapan waktu beroperasinya bandara NYIA ini masih menunggu proses verifikasi dari Kementerian Perhubungan. Hal itu sudah di luar kewenangan dari PT Angkasa Pura.
“Untuk operasional memang nanti mengacu kepada hasil verifikasi dari Kementerian Perhubungan,” ujarnya.
PT Angkasa Pura mentargetkan 7 April bandara itu sudah diresmikan untuk penerbangan internasional. Jika nanti bisa mundur maka targetnya adalah maksimal dua minggu. Kendati demikian, pihaknya menekankan kualitas tetap harus dikedepankan meskipun dikejar waktu. (syam/TN)



7 April Bandara NYIA Beroperasi, Menteri BUMN Minta Kualitas Bangunan Diutamakan 7 April Bandara NYIA Beroperasi, Menteri BUMN Minta Kualitas Bangunan Diutamakan Reviewed by samsul huda on February 22, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD