Bandara NYIA Tahan Gempa Berkekuatan 8,8 SR & Bebas Tsunami Berketinggian 12 Meter - GROBOGAN TOP NEWS

Bandara NYIA Tahan Gempa Berkekuatan 8,8 SR & Bebas Tsunami Berketinggian 12 Meter


GTOPNEWS.COM - Manajer Proyek Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) dari Angkasa Pura I Tauchid Purnomo Hadi mengatakan, bahwa struktur bangunan NYIA dirancang tahan terhadap gempa berkekuatan 8,8 skala richter (SR) dan juga tsunami berketinggian 12 meter.
"Kita sudah rancang untuk tahan gempa berkekuatan 8,8 SR yang biasanya dapat memicu tsunami setinggi 12 meter. Nah, lantai dua di bangunan terminal bandara itu tingginya sekitar 15 meter, sehingga masih ada spare 3 meter lebih tinggi dari air sehingga dapat menjadi lokasi evakuasi para pekerja bandara," kata Tauchid ketika mendampingi kunjungan kerja Menko Perekonomian Darmin Nasution di lokasi bangunan bandara NYIA Kulonprogo, Yogyakarta, kemarin.
Ia mengatakan, termasuk landasan pacu di bandara itu, dikerjakan dengan struktur tahan gempa berkekuatan tinggi. Hal ini mengingat Kabupaten Kulonprogo dan sekitarnya termasuk daerah rawan gempa. Meskipun selama ini Kulonprogo belum pernah terkena gempa besar.
Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan, basic design pembangunannya sepanjang 1.100 meter telah selesai, sementara pembangunan konstruksi sendiri sudah dimulai sejak November 2018.
Sedamgkan pekerjaan underpass  dikerjakan PT WIKA. Rencananya  April 2019 interface 1 akses barat, interface akses gedung terminal, dan interface 3 akses timur selesai dikerjakan.
 Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, sejumlah maskapai asing yang potensial masuk ke Bandara Kulonprogo New Jogjakarta International Airport (NYIA) cukup banyak. Sampai saat ini yang sudah mendaftar antara lain berasal dari negara China, India, Korea, Jepang, Timur Tengah dan lainnya.
Rencana April 2019, selain memindahkan 6 penerbangan internasional dari Adisutjipto, pihaknya mendapat beberapa permintaan pengoperasian dari beberapa negara. Ada sekitar 6 airlines yang berminat. Beberapa dari China, Korea, Jepang, middle east (Timur Tengah). (syam/TN)

Bandara NYIA Tahan Gempa Berkekuatan 8,8 SR & Bebas Tsunami Berketinggian 12 Meter Bandara NYIA Tahan Gempa Berkekuatan 8,8 SR & Bebas Tsunami Berketinggian 12 Meter Reviewed by samsul huda on January 21, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD