Menjelang Tutup Tahun Anggaran, Pelaksanaan Proyek Fisik 2018 Masih Rendah - GROBOGAN TOP NEWS

Menjelang Tutup Tahun Anggaran, Pelaksanaan Proyek Fisik 2018 Masih Rendah




GROBOGAN (GTopNews) – Realisasi proyek-proyek pngadaan barang/jasa di lingkup Pemkab Grobogan dinilai rendah.  Karena dari hasil monitoring diketahui, bahwa realisasi proyek-proyek tahun anggaran 2018 di 49 organisasi perangkat daerah (OPD) masih berkisar 80 persen. Padahal waktu yang tersisa tinggal 2 minggu lagi. Karena tanggal 22 Desember 2018, semua kegiatan proyek pengadaan barang/jasa harus sudah selesai dikerjakan 100 persen.
‘’Terkait dengan hal itu, para kepala OPD agar melakukan program akselerasi (percepatan) dengan cara lembur,’’ kata Sekda Grobogan Moh. Soemarsono di Purwodadi, Grobogan, kemarin.
Ia mengatakan hal itu ketika memberikan pengarahan dalam rapat kordinasi pengendalian operasional pembangunan (Rakor POP) Triwulan IV Tahun Anggaran 2018 di Gedung Riptaloka Setda.
Menurut Sekda Soemarsono, ketertinggalan target penyelesaian proyek-proyek pengadaan barang/jasa itu, harus disikapi dengan serius. Sebab waktunya tinggal sedikit hari. Maka harus dilakukan akselerasi dengan cara lebur sehingga target dapat terpenuhi sebelum tanggal kontrak habis, yaitu 22 Desember 2018.
 Menyinggung soal anggaran proyek-proyek pengadaan barang/jasa tahun 2018 dikatakan, cukup besar yakni sekitar Rp 1,1 triliun. Anggaran itu digunakan untuk membiayai 513 program dan 2.183 kegiatan/proyek di 49 OPD.
Pihaknya mengingatkan, semua kepala OPD segera melaksanakan program percepatan sehingga serapan anggaran bisa tercapai sesuai target. Dan semua kendala yang dirasa sebagai penyebab lambatnya penyerapan anggaran agar diidentifikasi dan dicarikan jalan keluarnya.
‘’Program kerja yang sudah direncanakan supaya dilaksanakan tepat waktu. Jangan sampai ada yang tidak selesai. Untuk itu kebiasaan menunda-nunda pekerjaan hingga menumpuk di akhir tahun angaran jangan sampai terjadi lagi,’’ ujar Sekda Soemarsono.
Terkait pekerjaan proyek yang bersetuhan langsung dengan masyarakat seperti jalan dan jembatan diminta para PPKom memperhatikannya dengan serius. Karena sarana perhubungan itu sangat dinantikan penggunaannya oleh masyarakat luas.
‘’Yang pasti semua proyek sebelum tahun anggaran habis harus sudah rampung dikerjakan. Bila ada rekanan bandel jangan ragu untuk mengambil tindakan sesuai ketentuan,’’ jelasnya.
Ditambahkan, untuk memantau pelaksanaan proyek-proyek itu dan penyerapan anggarannya, Pemkab Grobogan sudah menggunakan aplikasi Sismonep (Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan) secara online. Aplikasi ini memudahkan dalam memonitor kegiatan fisik di lapangan dan realisasi penyerapan anggaran di 49 OPD yang melaksanakan kegiatan fisik.
Namun Sekda Soemarsono mengingatkan agar operator aktif memasukkan data ke Sismonep. Karena selama ini terpantau banyak OPD yang belum maksimal dalam memanfaatkan aplikasi tersebut. .
Hasil pekerjaan lapangan dinilai masih banyak yang belum diupdate seluruhnya melalui Sismonep. Pihaknya minta agar penanggungjawab OPD memerintahkan operatornya untuk menginput semua realisasi pembangunan dan penyerapan anggarannya secara cepat sesuai kondisi riilnya. (syam/TN)

Menjelang Tutup Tahun Anggaran, Pelaksanaan Proyek Fisik 2018 Masih Rendah Menjelang Tutup Tahun Anggaran, Pelaksanaan Proyek Fisik 2018 Masih Rendah Reviewed by samsul huda on December 11, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD