Maraknya Korupsi Kepala Daerah dan Hakim, Terkait Soal Integritas - GROBOGAN TOP NEWS

Maraknya Korupsi Kepala Daerah dan Hakim, Terkait Soal Integritas

GTOPNEWS.COM -  Satu masalah utama yang disoroti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia yakni soal integritas. Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, maraknya korupsi kepala daerah dan hakim karena masalah di aspek integritas.

"Perilaku korup kepala daerah dan hakim nggak jauh-jauh. Hal itu hanya terkait dengan masalah integritas," kata Saut di Jakarta, Sabtu (8/12/2018).
Ia mengatakan, masalah integritas tak akan selesai jika dikembalikan ke individu. Karena itu, pihaknya menitikberatkan kepada perbaikan sistem pengawasan.
Menurutnya, ada banyak jalan kea rah pengawasan. Di antaranya melalui kordinasi, supervisi, pencegahan, dan penindakan. KPK melakukan semua itu, baik di tingkat pusat maupun daerah. Hal ini direalisasikan  dengan menggunakan berbagai kegiatan atau acara, sistem, aplikasi Jaga, SPDP online, tunas integritas, alat peraga, guna menyadarkan perlunya menjauhi perilaku korup.
Dalam bahasa KPK, katanya, integritas bisa dijabarkan dalam sembilan perilaku. Jika pejabat pemerintahan memiliki sembilan perilaku, korupsi di Tanah Air dengan sendirinya akan hilang.

Dikatakan, dalam bahasa KPK, 9 nilai-nilai integritas itu adalah jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana dan adil. Kalau sembilan nilai ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari pada semua rakyat dan pejabat, negara pasti cepat bersih.
Namun, Saut menyadari aspek pencegahan saja tidak cukup untuk membangun integritas. Cara terbaik, sambung dia, tetap pada aspek penindakan.
"Cara yang terbaik membangun integritas adalah konsisten mencari bukti lalu menghukum pelaku atau menindak, mendidik dan memberi pemahaman tentang korupsi dan perlunya integritas," ujar Saut.
Ditambahkan, sepanjang Januari-November 2018, KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) sebanyak 27 kali. Berbagai pihak terjaring OTT itu, mulai dari anggota DPR, DPRD, gubernur, bupati, kadis bahkan hakim. (syam/TN)

Maraknya Korupsi Kepala Daerah dan Hakim, Terkait Soal Integritas Maraknya Korupsi Kepala Daerah dan Hakim, Terkait Soal Integritas   Reviewed by samsul huda on December 09, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD