Setya Novanto Serahkan Sertifikat Tanah Senilai Rp 6,4 Miliar ke KPK - GROBOGAN TOP NEWS

Setya Novanto Serahkan Sertifikat Tanah Senilai Rp 6,4 Miliar ke KPK



TOPNEWS.COM - Tim Jaksa Eksekusi dari Unit Labuksi  (Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyerahkan sertifikat tanah mantan Ketua DPR RI Setya Novanto pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bekasi, Jawa Barat.
"Ini sebagai tindak lanjut pembayaran uang ganti rugi atas tanah Setya Novanto di Jatiwaringin," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (12/11/2018).
Ia mengatakan, sertifikat itu, diserahkan langsung istri Setya Novanto. Sertifikat tersebut sebagai uang cicilan pengganti dalam kasus korupsi e-KTP.
"KPK telah menerima pembayaran uang pengganti  melalui setoran disampaikan pada rekening penampungan KPK untuk selanjutnya segera disetor ke kas negara," ujar Febri.
Adapun BPN Kota Bekasi, telah membayarkan uang pengganti untuk tanah Setya Novanto.
"Jadi uang pengganti tanah Setya Novanto yang dilewati jalur kereta cepat Bandung Jakarta sebesar Rp 6,4 miliar," kata Febri.
Sebelumnya, jaksa eksekutor KPK telah melakukan pemindahbukuan dari rekening Novanto di Bank Mandiri ke rekening KPK sekitar Rp 1,1 miliar untuk kepentingan pembayaran uang pengganti dan kembali mengangsur Rp 862 juta.
Kemudian, Novanto juga telah mengembalikan uang titipan senilai Rp 5 miliar dan juga mengangsur sebesar 100 ribu dolar AS.
Novanto divonis 15 tahun penjara dengan denda Rp 500 juta subsider tiga bulan kurungan ditambah pembayaran uang pengganti 7,3 juta dolar AS (sekitar Rp 65,7 miliar dengan kurs Rp 9.000 per dolar AS saat itu). (syam/TN)

Setya Novanto Serahkan Sertifikat Tanah Senilai Rp 6,4 Miliar ke KPK Setya Novanto Serahkan Sertifikat Tanah Senilai Rp 6,4 Miliar ke KPK Reviewed by samsul huda on November 12, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD