Kasus Suap Perizinan Proyek Meikarta Cikarang, KPK Periksa Plt Bupati Bekasi - GROBOGAN TOP NEWS

Kasus Suap Perizinan Proyek Meikarta Cikarang, KPK Periksa Plt Bupati Bekasi







TOPNEWS.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  memeriksa Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja sebagai saksi kasus dugaan suap proyek Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jabar. Dia dicecar penyidik KPK terkait proses perizinan proyek properti itu.

"Posisi yang bersangkutan dulu sebagai Wakil Bupati (sekarang Plt Bupati Bekasi). Tentu saja kami memandang yang bersangkutan mengetahui beberapa bagian dari rangkaian proses perizinan. Yang dimaksud adalah rekomendasi-rekomendasi sebelum IMB terbit. Itu yang kami perlu dalami," kata Juru Bicara KPK KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (21/11/2018).

Ia mengatakan KPK menduga ada masalah mendasar terkait penerbitan IMB Meikarta. Dia kembali mengingatkan pihak Pemkab Bekasi atau Pemprov Jawa Barat bisa melakukan review atas perizinan terkait proyek Meikarta.

"Kami duga ada masalah yang cukup mendasar sejak awal sampai proses rekomendasi sebelum IMB diterbitkan. Karena ini adalah rangkaian, ada dugaan persoalan juga dalam proses penerbitan IMB tersebut. Inilah yang perlu diselesaikan dengan dua cara secara parallel,’’ ujar Febri.
Cara itu lanjutnya, pertama, KPK berfokus pada penanganan kasus korupsinya. Kedua, secara paralel dimungkinkan dilakukan review atau tindakan administratif. Kalau ada pelanggaran, tentu dilakukan penegakan hukum secara administratif oleh pihak Pemkab atau Pemprov agar persoalan yang lebih besar terkait proyek Meikarta tidak terjadi ke depan.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan sembilan orang tersangka, termasuk Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin. Para tersangka dari jajaran Pemkab Bekasi diduga menerima suap Rp 7 miliar sebagai bagian dari commitment fee fase pertama senilai Rp 13 miliar.

Seiring dengan berjalannya proses penyidikan, KPK menemukan dugaan backdate atau penanggalan mundur terhadap sejumlah dokumen perizinan Meikarta. Atas dugaan backdate itu, KPK mengatakan proyek Meikarta diduga sudah dibangun sebelum perizinannya beres. (syam/TN)


Kasus Suap Perizinan Proyek Meikarta Cikarang, KPK Periksa Plt Bupati Bekasi Kasus Suap Perizinan Proyek Meikarta Cikarang, KPK Periksa Plt Bupati Bekasi Reviewed by samsul huda on November 21, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD