Tenaga KPK Cukup, Setiap Hari Dipastikan OTT Terhadap Penyelenggara Negara di Daerah - GROBOGAN TOP NEWS

Tenaga KPK Cukup, Setiap Hari Dipastikan OTT Terhadap Penyelenggara Negara di Daerah






TOPNEWS.COM - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan, jika pihaknya memiliki jumlah tenaga yang cukup, maka KPK akan melakukan operasi tangkap tangan (OTT) setiap hari terhadap penyelenggara negara di daerah-daerah.
"Kalau KPK punya tenaga cukup hari ini, KPK melakukan OTT setiap hari bisa," kata Ketua KPK Agus dalam diskusi Review Konvensi PBB Anti Korupsi (UNCAC) di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018)
Ia menduga masih banyak kepala daerah dan penyelenggara melakukan korupsi. Meskipun hampir setiap minggu berlangsung operasi tangkap tangan (OTT) terhadap penyelenggara negara.
Jika KPK memiliki tenaga memadai, ia mengatakan, mereka bisa langsung ditangkap hari ini juga.
"Kalau kami punya orang, pejabat korup bisa habis hari ini juga," ujarnya.
Menurut Ketua KPK Agus, dalam meningkatkan pemberantasan korupsi diperlukan peran serta masyarakat seperti yang tertuang dalam Pasal 8 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi. Dalam UU itu dinyatakan bahwa peran masyarakat dalam negara merupakan hak dan kewajiban untuk mewujudkan penyelenggara negara yang bebas dari KKN.
Itu sebabnya Ketua KPK Agus mengatakan, bahwa hal itu perlu dimasukkan dalam UU Tipikor untuk melibatkan masyarakat dalam pemberantasan korupsi.
"Ini esensinya penting, karena baru aparat penegakan hukum yang bergerak, masyarakat belum diberdayakan," ujarnya. (syam/TN)

Tenaga KPK Cukup, Setiap Hari Dipastikan OTT Terhadap Penyelenggara Negara di Daerah Tenaga KPK Cukup, Setiap Hari Dipastikan OTT Terhadap Penyelenggara Negara di Daerah Reviewed by samsul huda on November 27, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD