Tsunami Donggala Capai 7 Meter - GROBOGAN TOP NEWS

Tsunami Donggala Capai 7 Meter


TOPNEWS.COM - Ketinggian tsunami di Donggala, Sulawesi Tengah (Sulsel)  ada yang mencapai 7 meter. Hal itu terjadi di Kecamatan Banawa,, yang ada di pesisir pantai.

Demikian dikatakan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jalan Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Senin (1/10/2018).

Ia mengatakan, ketinggian tsunami itu jugaterjadi  di daerah yang lain. Tidak dijelaskan di daerah mana hal tersebut terjadi. Untuk sementara di Kabupaten Donggala ada beberapa informasi. Karena komunikasi putus. Karena listrik putus total di sana. Kerusakan di Kecamatan Banawa di mana rumah di pesisir diterjang tsunami yang ada di Banawa 6-7 meter.

‘’Di Daerah itu tiang listrik terlampaui oleh tinggi tsunami,’’ ujar Sutopo.  
Dia mengatakan, saat ini petugas gabungan terdiri dari TNI-Polri dan relawan mulai bergerak ke Donggala. Namun komunikasi masih terputus karena listrik padam.
Sutopo mengatakan guncangan gempa di Donggala dirasakan lebih kuat dibanding di Palu. Hal ini didasari analisis peta gempa.

"Guncangan yang dirasakan memang wilayah Donggala menerima guncangan gempa lebih besar dari Palu. Sehingga diperkirakan lebih parah. Untuk jumlah korban tidak bertambah, sebanyak 11 (orang)," jelasnya.

Dia menambahkan Donggala dan Palu punya sejarah kebencanaan yang cukup panjang. Gempa dan tsunami yang terjadi pada Jumat (28/9) lalu bukan peristiwa pertama yang terjadi.

"Jadi sesar, patahan Palu Koro yang membelah Sulawesi jadi dua, ini sangat aktif sekali. Tiap tahun selalu bergeser 35-45 mm per tahun. Suatu saat, periode tertentu mereka akan lepas, akan terjadi gempa bumi," tutur Sutopo. (syam/TN)

Tsunami Donggala Capai 7 Meter Tsunami Donggala Capai 7 Meter Reviewed by samsul huda on October 01, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD